People Innovation Excellence
 

Mengelola Perubahan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tahap pertama dari suatu perubahan adalah mempersiapkan organisasi untuk menerima perubahan yang diperlukan, untuk memecah kondisi status quo pada kondisi saat ini, sebelum membangun pengoperasian cara baru. Misalnya dengan mengemas “pesan menarik” tentang mengapa cara atau keadaan status quo pada saat ini tidak dapat lagi dilanjutkan, dan dalam konteks diatas dituangkan dalam pesan “revolusi mental”, “macan asia” atau “Indonesia bangkit” misalnya. Dalam konteks organisasi bisnis, hal ini penting ditunjang oleh argumen adanya penurunan angka dan nilai penjualan, posisi keuangan yang memburuk, hasil survei kepuasan pelanggan yang mengkhawatirkan dan seterusnya, yang kesemuanya itu harus berubah dengan cara yang bisa dimengerti oleh semua orang. Untuk mempersiapkan organisasi berhasil, kita perlu memulai menohok pada inti persoalannya, yaitu dengan menantang keyakinan, nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang saat ini berlaku. Mulailah dengan mengubah fondasi bangunan dan carilah dukungan agar tidak terjadi risiko runtuhnya bangunan. Bagian ini merupakan proses awal perubahan yang paling sulit dan sering menimbulkan stres. Ketika kita menebang “pola pikir” yang sudah dekaden, maka semua orang yang ada didalamnya akan merasakan kehilangan keseimbangan. Dalam perspektif yang lebih luas, kita perlu membangkitkan reaksi kuat pada masyarakat,apa yang perlu dilakukan. Dengan memaksa organisasi untuk memeriksa kembali persoalan intinya, secara efektif kita tengah melakukan pengendalian terhadap krisis, yang pada gilirannya dapat membangun motivasi yang kuat untuk mencari keseimbangan baru. Tanpa motivasi ini, kita tidak akan mendapatkan partisipasi mereka yang diperlukan untuk melakukan perubahan yang berarti.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close