People Innovation Excellence
 

Mengelola Perubahan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tahap ketiga adalah tahap pembekuan. Ketika perubahan telah menemukan bentuknya dan orang-orang telah menganut pola pikir dan cara-cara kerja baru, maka organisasi dapat mempersiapkan tahap pembekuan. Suatu ciri yang nampak pada tahap pembekuan (refreezing) adalah grafik organisasi yang stabil, deskripsi pekerjaan yang konsisten, dan sebagainya. Dalam tahap pembekuan perlu dilakukan internalisasi dan melembagakan perubahan pada tingkat organisasi. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil perubahan dapat digunakan sepanjang waktu, dan dapat diadaptasikan kedalam praktek bisnis sehari-hari. Dengan adanya rasa stabilitas yang baru, maka para pekerja akan lebih merasa percaya diri dan nyaman dengan adanya cara-cara baru untuk bekerja. Meskipun perubahan relatif konstan dalam banyak organisasi, tahap pembekuan ini masih dianggap tahap yang penting. Tanpa adanya tahap ini, para pekerja akan merasa terperangkap dalam suatu fase transisi yang berkepanjangan di mana mereka menjadi ragu tentang apa yang harus dilakukan, sehingga apa yang dikerjakan tidak dalam kapasitas penuh. Sebagai contoh, dalam skala nasional, masyarakat pernah merasakan keresahan dari fase transisi reformasi yang kehilangan arah misalnya. Begitu juga, dengan tidak adanya tahap pembekuan, masyarakat akan merasa sangat sulit untuk mengatasi inisiatif perubahan berikutnya secara efektif. Mungkin kita perlu menghindari suatu perubahan demi perubahan semata, karenanya perlu dipastikan bahwa kita akan merayakan keberhasilan dari suatu perubahan. Hal ini penting guna membantu semua orang dalam menemukan ending dari suatu perubahan, misalnya dengan mengucapkan terima kasih atas pengorbanan waktu, tenaga, dana dan fikiran untuk terjadinya suatu perubahan, dan membantu mereka percaya bahwa perubahan di masa depan akan selalu berhasil. Dengan demikian, perlunya selebrasi atas menangnya suatu perubahan yang diusung secara bersama-sama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close