People Innovation Excellence
 

Mengelola Perubahan [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Model perubahan dari Kurt Lewin berguna untuk memahami kerangka sederhana dan mudah untuk mengelola perubahan. Dengan mengenali tiga tahap yang berbeda dari perubahan, kita dapat merencanakan dan menerapkan perubahan yang diperlukan. Kita juga dapat menciptakan motivasi untuk memulai tahap pencairan. Kita dapat melakukan proses perubahan dengan mempromosikan komunikasi yang efektif dan memberdayakan masyarakat untuk menerima cara berfikir dan cara kerja baru. Sementara, mata rantai proses ini akan berakhir ketika kita merasakan kembali stabilitas dalam organisasi (refreezing), yang sangat diperlukan untuk menanamkan kepercayaan untuk memulai kembali perubahan berikutnya yang mungkin tak terelakkan.

Teori manajemen perubahan dari Kurt Lewin, adalah teori yang telah teruji dan mudah diterapkan disemua jenis dan skala organisasi, dan bahkan sering dianggap sebagai lambang model perubahan, yang cocok diterapkan untuk perubahan pribadi, kelompok dan perubahan organisasi dan bahkan tatanan masyarakat luas. Kurt Lewin, adalah seorang psikolog sosial gestalt, yang telah diakui sebagai “bapak dari teori-teori perubahan sosial” karena beberapa model kontemporer tentang teori perubahan setidaknya merujuk pada karya Lewin. Teori perubahan Lewin merupakan teori ‘perubahan terencana’ yang memandu perubahan kedalam tiga tahap perubahan yang berbeda. Tahap pencairan dapat diwujudkan melalui dialog dan kegiatan pelatihan seperti team building, pengembangan pribadi, dan brainstorming. Semakin transparan dan inklusif proses ini, semakin mudah orang tergerak menuju tahap pencairan (unfreezing). Sementara tahap perubahan perlu dimulai dari perubahan fikiran, perasaan, perilaku, atau ketiganya sekaligus, dengan menawarkan cara yang lebih membebaskan atau lebih produktif ketimbang bertahan dengan cara lama. Dengan menganalisis situasi saat ini, struktur dan proses baru disosialisasikan untuk mencapai perbaikan yang diinginkan. Tahap pembekuan dilakukan dengan membangun perubahan sebagai kebiasaan atau proses baru, sehingga terbentuk “prosedur standar operasi baru”. Tanpa adanya proses pembekuan, suatu perubahan mudah tergelincir ke jalan yang sesat atau kembali pada cara-cara lama dalam melakukan sesuatu, seperti yang dikhawatirkan masyarakat Indonesia saat ini dalam transisi pemilihan presiden misalnya. Oleh karena itu penghargaan, dukungan, akan kepemimpinan terbaik sangat penting dalam tahap ini, bagi berlangsungnya suatu perubahan besar berikutnya yang diperlukan. Pembekuan diperlukan agar produk perubahan dapat dilaksanakan dan untuk memastikan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari prosedur kerja yang normal. Tentunya upaya tersebut perlu ditunjang oleh mekanisme pendukung seperti kebijakan, penghargaan, dukungan yang berkelanjutan, dan orientasi yang kuat untuk memperkenalkan sistem kerja baru terhadap personil yang baru masuk.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close