People Innovation Excellence
 

Mengelola Perubahan [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kurt Lewin juga telah mengembangkan teori “analisis medan” dalam rangka mendiagnosis situasi dan mengelola perubahan pada organisasi bisnis dan masyarakat. Situasi apa pun baik kekuatan pendorong maupun penghambat akan mempengaruhi setiap perubahan yang mungkin terjadi. Perilaku manusia dipengaruhi oleh keyakinan, harapan, norma-norma budaya, dan sejenis lainnya, yang membentuk “ruang hidup” (life space) dari seorang individu atau masyarakat. Kekuatan pendorong adalah kekuatan yang mempengaruhi situasi, mendorong perilaku orang ke arah tertentu untuk memulai perubahan dan menjaganya. Dalam hal peningkatan produktivitas tim kerja, maka tekanan dari atasan, insentif, dan rasa frustrasi merupakan contoh dari kekuatan pendorong potensial. Sebaliknya, kekuatan penghambat adalah daya yang menahan atau mengurangi kekuatan pendorong yang dapat memperlambat atau bahkan menghentikan perubahan. Sikap apatis, biaya mahal, saling tidak percaya, permusuhan, gagap teknologi dan kondisi pemeliharaan yang buruk adalah contoh dari kekuatan penahan yang dapat menghambat perubahan dan dapat menekan produktivitas.

Keseimbangan (equilibrium) adalah suatu kondsisi yang dicapai ketika jumlah dari kekuatan pendorong sama dengan jumlah kekuatan penahan. Lewin juga mengetengahkan suatu keseimbangan sosial kuasi-stasioner, yang perlu bergeser selama proses perubahan, akan tetapi kemudian perlu dibangun kembali pada tingkat perubahan yang baru. Jika kekuatan pendorong lebih kuat dari kekuatan penahan, maka suatu status quo atau keseimbangan akan berubah. Perubahan yang berhasil dicapai dengan baik akan memperkuat kekuatan pendorong atau melemahkan kekuatan penahan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close