People Innovation Excellence
 

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pikiran kita adalah segalanya. Lingkungan kerja ikut membentuk pola pikir (mindset), suasana hati, sikap dan kebiasaan kita. Itulah sebabnya mengapa ketika kita akan memulai memimpin perubahan, keberhasilannya akan secara langsung tergantung pada perubahan mindset masing-masing anggota tim kita. Boleh jadi seorang pemimpin menghabiskan milyaran rupiah dan ribuan jam untuk melakukan reorganisasi dengan teknologi terbaru dan terbesar, namun jika orang-orang didalamnya tidak mengubah pola pikir dan kebiasaan mereka, hasilnya akan mudah kita tebak? Tentu saja dengan moral kerja yang rendah, pengorbanan uang dan waktu menjadi sia-sia belaka. Dengan demikian, keterampilan yang paling besar dibutuhkan pada saat ini oleh semua pemimpin dan tim kerja, adalah kemampuan untuk mengubah dan mengelola mindset. Adapun hal pertamakali yang perlu dipahami adalah bagaimana   pola pikir kita terbentuk.

Penelitian pada seluruh disiplin ilmu termasuk fisika, neurologi, psikologi dan pendidikan, menunjukkan bahwa mindset dibentuk oleh interaksi gabungan dari pikiran, kebiasaan dan asosiasi yang berhubungan dengan emosi. Adalah Candace Pert, seorang pakar yang selama 13 tahun, telah merintis studi yang meneliti hubungan antara tubuh dan pikiran kita. Pert telah memetakan bagaimana pikiran dan emosi positif seperti cinta dan apresiasi memicu satu set reaksi biokimia dalam tubuh, begitu juga sebaliknya bagaimana pikiran negatif dan emosi seperti kritik dan kemarahan memicu reaksi yang berbeda. Setelah menempuh puluhan tahun penelitiannya, akhirnya Pert memperjelas bagaimana reaksi biokimia sebagai manifestasi fisik adalah akibat dari suasana pikiran dan emosi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close