People Innovation Excellence
 

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keyakinan kita terbentuk pada masa balita di bawah pengaruh orang tua   atau guru, namun semakin kita beranjak dewasa semakin kita memiliki kekuatan untuk mengubah keadaan saat ini. Terdapat inti dari kekuatan pribadi: yaitu pilihan dan tanggung jawab. Sebagaimana ditulis oleh Victor Frankl bahwa manusia selalu mencari “makna hidup”, manusia memiliki kebebasan memilih sikap dalam setiap keadaan untuk memilih jalan hidup sendiri. Manusia perlu memiliki keberanian untuk memilih dan berubah. Cara tercepat untuk mengubah pola pikir adalah dengan “memberi makanan” yang cocok dengan perubahan yang diinginkan. Pert dan para pakar lainnya menemukan bahwa setiap kali kita mengkonsumsi pola pikir positif, maka hal tersebut akan melemahkan pola pikir yang negatif. Oleh karena itu, untuk mengubah pola pikir, maka beranilah bermimpi. Dalam konteks ini, adalah berani membayangkan kemungkinan baru yang secara langsung menciptakan neuron baru yang membentuk jaringan saraf baru. Dengan terus melakukan hal ini, maka jaringan saraf baru akan menguat dan menggantikan jaringan yang lebih tua, dan asupan yang positif akan melemahkan jaringan lama yang negatif. Mengubah mindset ini bukan semata-mata tren zaman baru, akan tetapi suatu formula yang telah dibuktikan oleh para pakar pada hampir seluruh disiplin ilmu pengetahuan.

Marilyn King adalah seorang atlet olimpiade dan merupakan anggota tim pancalomba dari Amerika Serikat. Tepat sebelum olimpiade dimulai, ia mengalami kecelakaan serius dan mengalami cedera punggung yang mengakibatkan dia harus berbaring selama empat bulan dan absen dari latihan olimpiade. Namun selama berbaring, dia menghabiskan sebagian besar waktu untuk menonton film dari tim pancalomba yang sukses, melalui visualisasi film ia membayangkan dirinya berada dalam peristiwa lomba yang sama. Secara psikologis ia berlatih mental melalui gambar hidup. Para pakar menyetujui tentang apa yang ditemukan pada diri Marilyn, bahwa bagi neuron tidak ada perbedaan apakah kita benar-benar melakukan sesuatu secara sesungguhnya atau hanya memvisualisasikan semata, yang jelas dengan cara demikian jaringan saraf tumbuh lebih kuat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close