People Innovation Excellence

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagai seorang pemimpin, perilaku kita berdampak terhadap orang lain, baik menuju ke arah yang lebih baik maupun ke arah yang lebih buruk. Menurut William George Jordan, seorang esais Amerika Serikat mengatakan, bahwa kita semua memiliki kemampuan untuk mengangkat atau mematahkan semangat orang lain. Oleh karena itu dengan mengadopsi pola pikir kepemimpinan, kita bisa memastikan bahwa dengan kemampuan dan niat baik kita, kita dapat mempengaruhi orang lain dengan cara yang lebih positif. Dampak positif berasal langsung dari pola pikir kita sebagai seorang pemimpin, karena pola pikir akan mempengaruhi perilaku kita, yang pada gilirannya akan mempengaruhi hasil akhirnya.

Istilah “pola pikir” (mindset) mengandung arti sikap mental atau keinginan. Sikap (covert behavioral) akan menentukan perilaku (overt behavioral), dan perilaku akan mendatangkan hasil tertentu. Jika kita mendapatkan hasil yang efektif dari orang-orang yang kita pimpin, maka kita memiliki dampak positif terhadap mereka, dan begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, apakah kita memperoleh hasil atau memiliki dampak sesuai dengan yang diinginkan oleh kita, atau justru tidak sesuai dengan yang kita inginkan, hal tersebut dapat dilihat dalam kerangka hubungan antara pola pikir, perilaku, dan dampak, dan kemampuan untuk mengintegrasikan ke tiga komponen tersebut agar diperoleh hasil yang diinginkan. Dengan kata lain, kita akan sulit mengubah perilaku jika tidak mengubah pola pikir terlebih dahulu. Sebagai contoh adalah apa yang terjadi ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. Jika mereka hanya mengubah perilaku mereka – seperti mengurangi makan berkalori – untuk sementara mereka mungkin dapat menurunkan berat badan. Tetapi jika mereka tidak mengubah pola pikir tentang esensi makanan, olahraga dan gaya hidup sehat, maka berat badan mereka akan kembali pada berat semula, karena mereka tidak mengubah masalah mendasar, yakni tidak mengubah pola pikir yang mendorong makan berlebihan. Mengubah perilaku tanpa mengubah pola pikir tidak akan berlangsung secara berkelanjutan. Dengan mengubah pola pikir maka akan tercipta perubahan perilaku yang berkelanjutan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close