People Innovation Excellence

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Menurut Malcolm Gladwell, penulis di New Yorker, bahwa perusahaan Amerika Serikat telah menjadi terobsesi dengan talenta. Memang, para pengajar di McKinsey & Company, suatu organisasi konsultan manajemen terkemuka di Amerika Serikat dan dunia, bersikeras bahwa keberhasilan saat ini membutuhkan talenta. Seperti halnya dalam bidang olahraga, mereka mempertahankan argumen, bahwa ada hal yang alami dalam bisnis, yang merupakan kunci untuk memenangkan kompetisi.

Selanjutnya Gladwell menulis pengagungan akan bakat adalah ortodoksi baru dalam manajemen ala Amerika Serikat. Menurutnya, ” hal ini telah menciptakan cetak biru bagi budaya Enron yang telah menabur benih-benih kehancurannya, yang telah menempatkan “iman” mereka terhadap talenta, sehingga Enron melakukan hal yang fatal. Dengan menciptakan sebuah budaya yang memuja talenta, mereka memaksa para pekerja untuk bekerja luar biasa dengan bakat yang dimilikinya. Secara tidak sadar sebenarnya Enron tengah memaksa para pekerja untuk bekerja dengan mindset yang kaku, atau tidak berubah. Dari kasus Enron diatas, kita mengetahui bahwa orang-orang dengan mindset yang kaku, tidak mau mengakui dan memperbaiki kekurangan yang ada pada diri mereka. Begitu pula organisasi yang tidak bersedia mengoreksi diri tidak bisa bertahan hidup. Seringkali atasan dengan mindset yang kaku berperangai sebagai “bos” yang kasar dan menempatkan semua para pekerja ke dalam mindset yang sama. Seorang atasan yang takut dihakimi, akan menciptakan ketakutan yang sama pada semua para pekerjanya, sehingga mereka bertahan pada mindset-nya, dan sulit untuk melakukan keberanian dalam melakukan suatu inovasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close