People Innovation Excellence

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketika Warren Bennis mewawancarai para pemimpin besar yang sukses, mereka semua sepakat bahwa pemimpin itu dibuat, bukan dilahirkan, dan semua dibuat oleh dirinya sendiri ketimbang oleh faktor eksternal. Bennis sepakat: “Saya percaya bahwa setiap orang, dalam tingkat usia apapun akan mampu mentransformasi dirinya. Tidak berarti bahwa semua orang akan menjadi pemimpin. Namun sayangnya, sebagian besar manajer dan bahkan CEO lebih suka menjadi “bos”, bukan menjadi pemimpin. Mereka lebih tergiur oleh kekuasaan ketimbang mengubah diri dan bekerja untuk organisasi mereka. Mengapa hal demikian dapat terjadi? John Zenger dan Joseph Folkman menunjukkan bahwa kebanyakan orang ketika mereka pertama kali menjadi manajer akan memasuki masa belajar yang panjang. Mereka mendapatkan banyak pelatihan dan pembinaan, sehingga pada awalnya mereka terbuka untuk ide-ide, dan mereka berpikir panjang dan keras tentang bagaimana melakukan pekerjaan mereka. Mereka haus untuk pengembangan diri mereka. Namun begitu mereka sampai pada keyakinan bahwa segala kemampuan telah mereka miliki dan berpuas diri, maka mereka berhenti berusaha untuk memperbaiki diri. Menurut Morgan McCall, banyak organisasi percaya pada bakat alami dan tidak mencari orang-orang dengan potensi untuk berkembang.

Penelitian dari Laura Kray dan Michael Haselhuhn telah menunjukkan bahwa orang-orang dalam mindset yang berkembang telah menjadi seorang negosiator yang lebih baik. Temuan pada mahasiswa sekolah bisnis yang diajarkan pengembangan mindset, terbukti mereka lebih memiliki keterampilan dan mendapat nilai yang lebih baik dalam proses negosiasi mereka. Seorang negosiator yang pernah belajar pengembangan mindset ternyata lebih mampu mengatasi hambatan masa lalu dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. Ketika orang-orang diajarkan pengembangan mindset, maka mereka mulai peka terhadap perbaikan. Para manajer yang diajarkan pengembangan mindset, mereka lebih bersedia untuk mengikuti pelatihan dan peningkatan kualitas dengan antusiasme yang lebih tinggi. Disamping itu, para manajer dengan mindset yang berkembang, mereka senang mencari lebih banyak umpan balik negatif dari bawahan mereka. Mereka ingin belajar bagaimana cara meningkatkan teknik manajemen dan merasa tidak terancam dengan mendengarkan ide-ide dan umpanbalik negatif tentang diri mereka sendiri.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close