People Innovation Excellence
 

Mindset Kepemimpinan Baru [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagian besar organisasi tradisional memiliki birokrasi terpusat dengan dinding manajemen yang kaku, namun kurang menaruh penghargaan pada pengembangan pola pikir kepemimpinan. Namun pada akhirnya para pelaku bisnis mulai menyadari tentang bagaimana sebuah organisasi dijalankan dan akhirnya berkembang dalam menghadapi perubahan yang terus-menerus. Ketika pemimpin memahami faktor-faktor yang memerlukan peningkatan pemberdayaan, mereka mampu memimpin evolusi organisasi mereka melalui serangkaian perubahan bertahap. Para pemimpin di semua tingkatan organisasi memiliki kemampuan pribadi untuk membentuk budaya, iklim dan karakter unit mereka melalui visi pribadi mereka, sekaligus membangkitkan keinginan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dinamika yang mereka ciptakan untuk mengubah dan memotivasi para pekerja mereka. Para pemimpin tersebut menunjukkan contoh pribadi seorang pemimpin dengan pendekatan proaktif bagi para pekerja mereka, sehingga pemimpin baru dapat diciptakan. Dengan kata lain, para pekerja diberdayakan dalam organisasi, sehingga karakteristik kepemimpinan mereka muncul dan siap untuk dikembangkan. Para pemimpin menumbuhkan individu-individu yang potensi kepemimpinan mereka dapat direalisasikan untuk memenuhi kebutuhan, dalam organisasi yang tumbuh dan berkembang untuk menghadapi perubahan terus-menerus. Para pemimpin di semua tingkatan organisasi memikul tanggung jawab untuk mempengaruhi sikap, kegiatan, dan keputusan para pekerja mereka. Hal ini bertentangan dengan peran manajer atau supervisor yang melihat peran mereka yang hanya mengarahkan para pekerja bawahan mereka. Dalam kapasitasnya sebagai influencer, maka para pemimpin menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif yang berfokus pada unit organisasinya melalui penggunaan dan penerapan faktor-faktor sebagai berikut, yakni:


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close