People Innovation Excellence
 

Pendekatan Solusi Konflik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pemilihan presiden Republik Indonesia (RI) 2014 telah begitu banyak menyita perhatian masyarakat, bukan hanya masyarakat dalam negeri melainkan juga mengundang sorotan dunia Internasioanal. Demokrasi di Indonesia kembali diuji apakah akan terus maju ke depan, stagnan atau malah mundur kebelakang, akan sangat tergantung pada hasil pengumuman dari KPU tanggal 22 Juli mendatang. Sebelumnya sempat terjadi silang sengketa terhadap hitungan cepat (quickcount) yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei, sehingga masing masing sempat bersikukuh untuk mengklaim kemenangan. Masyarakatpun mulai resah dengan munculnya benih-benih konflik yang mulai dirasakan. Apakah jika pengumuman resmi dilakukan oleh KPU pada waktunya nanti, masing-masing fihak dapat mengakui kekalahan jika salah satu kandidat memenangkan persaingan. Atau dengan kata lain, apakah suatu konflik dapat dihindari pada paska pengumuman KPU? Jika akhirnya konflik harus terjadi – tentu kita semua sangat tidak menghendaki – langkah-langkah apa yang dapat ditempuh agar tidak terjadi eskalasi konflik horizontal dan vertikal yang membahayakan kesatuan bangsa Indonesia (NKRI). Dalam hal ini perlu diperkenalkan beberapa pendekatan terhadap situasi konflik yang dikembangkan untuk merumuskan seperangkat “kerangka berpikir” untuk solusi dan/atau resolusi konflik. Diantara faktor yang penting adalah bagaimana meningkatkan keandalan mediasi terhadap pihak yang bersengketa dan membantu pihak yang berselisih untuk menemukan solusi dan/ atau resolusi yang dapat diterima bersama (win-win solution). Terdapat beberapa model pendekatan yang diusulkan dan dapat digunakan sebagai teknik solusi dan/atau resolusi konflik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close