People Innovation Excellence

Pendekatan Solusi Konflik [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1. PENDEKATAN SOLUSI DAN/ATAU RESOLUSI KONFLIK  

1.1 Cara Untuk Menyelesaikan Konflik

Sebagian besar konflik dapat diselesaikan hanya dengan mendengarkan para pihak yang berselisih dengan memperjelas harapan dan keluhan dari kedua belah pihak. Adakalanya solusi dan/atau resolusi sudah jelas, namun pihak-pihak yang terlibat luput melihatnya karena mereka masih dikuasai emosi dan ingin membalas dendam ketimbang mencari suatu solusi dan/atau resolusi. Adakalanya suatu perselisihan yang begitu rumit bisa diatasi dengan mengundang atau dilakukan suatu intervensi oleh mediator, bisa oleh seorang manajer, pengacara, polisi, psikoterapis, pemuka masyarakat, atau teman dekat. Dalam hal ini, mediasi dalam konflik memiliki aturan, prosedur, pendekatan dan teknik tersendiri. Sebagian besar dari para pakar di bidang ini menganggap solusi dan/atau resolusi konflik sebagai suatu proses dengan tahapan sebagai berikut:

  • Mengumpulkan informasi;
  • Memecahkan masalah konflik;
  • Pemilihan solusi dan/atau resolusi yang disetujui bersama; dan
  • Pelaksanaan dan tindak lanjut.

Proses diatas tersebut jika berhasil dapat menghasilkan win-win solution atau walk-away solution yang baik. Solusi menang-menang (win-win solution) menyelesaikan konflik dengan memuaskan kepentingan kedua belah pihak yang berselisih, dan memungkinkan pihak yang berselisih untuk melanjutkan hubungan baik mereka. Sementara walk-away solution menyelesaikan konflik dengan memecah hubungan antara pihak yang berselisih, dan memungkinkan pihak yang berselisih untuk memenuhi kepentingan mereka sendiri. Solusi walk-away dalam hal ini bisa dianggap sebagai variasi dari win-win solution. Win-win solution biasanya sulit dilaksanakan oleh pihak yang berselisih, dan bahkan malah bisa menghasilkan eskalasi konflik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close