People Innovation Excellence
 

Pendekatan Solusi Konflik [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1.2 Kelemahan Dari Pendekatan Solusi dan/atau Resolusi Konflik  

Mediasi sengketa sering menemui kegagalan dengan alasan sebagai berikut:

  • Seorang mediator sebaiknya menghindari menyarankan solusi, dan dalam hal ini sebaiknya solusi harus diusulkan oleh pihak yang berselisih, dan jika tidak maka para pihak yang berselisih akan enggan melaksanakannya. Dengan kata lain, keberhasilan pemecahan masalah tergantung pada kreativitas pihak yang bersengketa bukan pada kemampuan fasilitasi mediator;
  • Hanya win-win solution yang menguntungkan bagi semua pihak yang dapat diterima. Suatu solusi dapat ditemukan dengan menyelesaikan kontradiksi yang sudah tertanam dalam situasi konflik. Hal ini membutuhkan kreativitas yang besar di sisi yang bersengketa;
  • Bahwa perselisihan senantiasa mengandung stres, sehingga kreativitas mereka yang berselisih akan terganggu secara signifikan; dan
  • Kebanyakan orang tidak mau pusing untuk memecahkan masalah.

 

1.2.1 Hindari Pemberian Saran

Alasan untuk menghindari pemberian saran adalah sebagai berikut:

  • Tujuan akhir dari solusi konflik adalah untuk mengubah perilaku dan hubungan pihak yang bersengketa. Perubahan tersebut diharapkan merupakan upaya aktif dari yang bersengketa secara signifikan. Para pihak yang bersengketa perlu memiliki komitmen untuk menerapkan upaya-upaya ini. Jika solusi datang dari saran orang lain, maka para pihak yang bersengketa kurang memiliki komitmen untuk menerima skema yang diusulkan, sehingga akhirnya konflik tidak terselesaikan.
  • Meskipun mediator yang sukses tergantung pada kemampuannya dalam memfasilitasi, namun ada atau tidaknya solusi akan ditentukan oleh kreativitas pihak yang bersengketa bukan oleh kemampuan fasilitasi mediator. Dengan demikian, keberhasilan tidak selalu di bawah kendali seorang mediator.

 

 

 

1.2.2 Sifat Win-Win Solution

Jika pihak yang bersengketa tidak memperoleh manfaat dari suatu perjanjian, maka upaya untuk merealisasikan solusi tidak mungkin diambil. Semua pihak yang berselisih harus benar-benar mendapatkan keuntungan dari suatu solusi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan. Biasanya, pihak yang berselisih menganggap konflik sebagai “zero-sum game“: yaitu satu pihak menang, sementara pihak lainnya kalah. Dengan sendirinya win-win solution sulit dicapai dalam kasus ini, alasannya karena manfaat bagi satu pihak akan selalu menjadi suatu kerugian bagi pihak yang lain. Untungnya, hidup kita bukan selalu berada pada zero-sum game. Pada kenyataannya setiap orang mengejar tujuan yang berbeda, sehingga mereka selalu dapat menemukan sumber daya yang dapat memenuhi persyaratan untuk tercapainya suatu solusi, yakni:

  • Tersedianya sumber daya yang dianggap tidak penting oleh salah satu pihak; dan
  • Sumber daya tersebut sangat diinginkan oleh pihak lainyang bersengketa. Pertukaran sumber daya pada satu sisi tidak dianggap sebagai suatu kerugian dari pihak si pemberi, sebaliknya hal tersebut dapat dianggap sebagai suatu keuntungan oleh pihak penerima. Jika pertukaran sumber daya tersebut terbukti tidak merugikan semua pihak, maka win-win solution dapat dicapai.

 

1.2.3 Solusi Walk-Away

Cara lain untuk mengatasi kontradiksi dalam konflik adalah memisahkan pihak yang berselisih dengan memutuskan hubungan mereka terlebih dahulu. Meskipun tampaknya mudah dilakukan, namun pada kenyataannya tidak mudah. Orang biasanya butuh bantuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuannya. Karena dengan putusnya hubungan berarti kehilangan peluang untuk mendapatkan sesuatu kebutuhan dan tujuannya. Ada banyak orang di sekitar kita, dan ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan. Banyak tujuan yang dapat dipersatukan dengan lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan pihak yang bersengketa. Dengan demikian hubungan yang tadinya retak dapat menjadi keuntungan, dan bukanlah kerugian.

 

1.2.4 Stres dan Kreativitas

Win-win solution atau walk-away solution dapat mengatasi kontradiksi dalam situasi konflik, dan sejalan dengan hal itu biasanya juga dibutuhkan kreativitas. Disamping itu, melihat persoalan secara menyeluruh dan menemukan pemecahan masalah yang inovatif merupakan elemen kunci dalam mencari solusi, sedangkan situasi yang paling kondusif untuk munculnya kreativitas adalah situasi yang bebas stres. Pemikiran inventif dapat bekerja apabila pikiran kita terbebas dari kekhawatiran, ketegangan, dan ketakutan, sehingga bagi fasilitator yang sukses penting menyadari terciptanya suasana yang bersahabat dan hangat didalam suatu tim. Hal ini penting, karena seorang mediator konflik harus memfasilitasi orang-orang yang saling membenci atau setidaknya tidak saling menyukai antara satu dengan lainnya. Tentu saja para pihak yang berselisih berada di bawah stres yang cukup signifikan, sehingga dapat mengganggu atau bahkan menghambat bagi seseorang untuk mengambil keputusan. Dalam keadaan demikian, seorang fasilitator harus mampu mengenali semua harapan dan berbagai aspek yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close