People Innovation Excellence

Berfikir Kognisional Strategik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pemikiran strategik didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk berpikir secara konseptual, imajinatif, sistematik, dan oportunistik yang berkaitan dengan pencapaian keberhasilan di masa depan. Pemikiran strategik juga adalah proses yang mendefinisikan cara bagaimana seseorang berpikir tentang menilai, melihat, dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri maupun dalam ikatan organisasional. Pemikiran strategik adalah cara kerja yang sangat efektif dan berharga. Pada satu sisi,kita dapat menerapkan pemikiran strategik untuk sampai pada keputusan yang efektif, baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi. Pada sisi yang lain, pemikiran strategik dapat melibatkan pengembangan seluruh rangkaian keterampilan yang penting untuk menunjang pencapaian keberhasilan organisasi.
Oleh karena itu terdapat sejumlah unsur dalam pemikiran strategik, pertama, berorientasi pada sukses. Kata “sukses” merupakan pertimbangan penting dalam makna kata “strategi”, yaitu seberapa jauh beberapa bidang kompetisi dapat dimanfaatkan atau menguntungkan sesuai dengan hasil yang diinginkan oleh seorang pemikir strategik. Misalnya, sukses dalam pertempuran militer, pemenangnya akan ditentukan oleh siapa yang menguasai medan pada akhir pertempuran. Atau sukses dalam bisnis dapat didefinisikan sebagai penetrasi pada pasar sasaran baru. Sukses dalam kampanye politik dapat didefinisikan sebagai memenangkan referendum atau memenangkan hasil akhir perhitungan suara. Artinya, jika tidak ada kompetisi, maka tidak ada kebutuhan akan strategi, sehingga strategi perlu direncanakan terlebih dahulu, mengantisipasi reaksi pihak lain (para kompetitor), serta mendisain tindakan atau respon secara terkoordinasi. Dengan pemahaman seperti ini, maka sukses merupakan konsekuensi dari suatu strategi. Kesuksesan juga perlu ditempatkan dalam konteks kepentingan stakeholders, sehingga sukses juga mengandung arti adanya perbaikan atas situasi yang ada. Sebagai tuntutan praktis, para pemikir strategik perlu menjawab terlebih dahulu pertanyaan fundamental tentang apa dan siapa yang mendefinisikan kesuksesan? Matrik apa yang digunakan? Mendengarkan pendapat para pemangku kepentingan (stakeholders), sehingga strategi perlu mempertimbangkan pertanyaan tentang pendapat siapa yang paling penting? Kedua, berorientasi ke depan (future oriented). Para pemikir strategik perlu melihat arah masa depan dengan kesadaran bahwa keputusan saat sekarang akan berdampak pada masa depan. Masa depan mungkin sangat berbeda dengan kondisi status quo saat ini, sehingga para pemikir strategik perlu menyimak pendapat para “futurolog” atau para “foresight strategic.” Para pemikir strategik tetap perlu memperhitungkan masa lalu dan masa kini, sebagai bagian masukan untuk mempertimbangkan masa depan. Ketiga, mengandalkan aspek kognitif. Para pemikir strategik akan bertumpu pada proses mental-konseptual (aspek kognitif), karena dalam renungan strategiknya, mereka memerlukan sejumlah abstraksi, refleksi dan analogi untuk menerjemahkan seluruh konteks, secara sistematik, imajinatif (kreatif dan visual), dan oportunistik untuk memperoleh informasi dan nilai proposisi baru. Para pemikir strategik akan dituntut untuk menerapkan semua proses-proses kognitif dalam orientasi menuju kesuksesan di masa depan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close