People Innovation Excellence

Berfikir Kognisional Strategik [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Namun demikian, yang dimaksud dengan pemikiran strategik tentunya tidak sama dengan berpikir kritis, meskipun berpikir kritis adalah juga konseptual dan sistematik. Berpikir kritis mungkin merupakan bagian yang berguna bagi pemikiran strategik, namun tidak semua pemikir kritis mampu berpikir secara strategik, misalnya ketika dihadapkan untuk merancang strategi untuk memenangkan persaingan. Akan tetapi berfikir kritis tetap dibutuhkan dalam tahapan berfikir strategik, terutama dalam melatih kemampuan dari fungsi otak kiri dan otak kanan untuk menciptakan proses visioning dengan saling melengkapi. Berfikir kritis juga diperlukan untuk mendefinisikan tujuan dan mengembangkan rencana aksi kedalam tugas-tugas dan daftar sumber daya yang dibutuhkan pada waktu tertentu. Disamping itu berfikir kritis akan membantu dalam merancang rencana dan menciptakan tolok ukur untuk memantau kemajuan, sekaligus merevisi rencana agar sesuai dengan kebutuhan. Dengan berfikir kritis seseorang akan menjadi lebih proaktif dalam mengantisipasi perubahan, dan tidak bersikap reaktif terhadap perubahan. Disamping itu seseorang juga akan mudah mengenali baik petunjuk internal maupun eksternal, untuk membantu memandu arah masa depan dan mewujudkan peluang bagi organisasi mereka. Para pemikir strategik adalah juga pendengar yang baik, mereka akan membaca dan mengamati informasi apa pun sehingga diperoleh informasi strategik yang dapat membimbing mereka. Mereka juga memiliki komitmen terhadap pembelajaran seumur hidup dan belajar dari setiap pengalaman mereka. Mereka akan menggunakan pengalaman agar dapat berpikir dengan lebih baik tentang isu-isu strategik. Para pemikir strategik juga memerlukan waktu luang untuk merenung dan menyendiri di lingkungan tempat yang khusus, dengan sikap santai, ditemani selembar kertas atau laptop untuk menuangkan pikiran kritisnya. Mereka juga dapat mencari nasihat dari orang lain, dengan mengundang sekelompok penasehat atau pakar untuk bertukar pikiran dan menawarkan ide-ide untuk umpan balik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close