People Innovation Excellence

Berfikir Kognisional Strategik [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1. Lingkungan Pelanggan
Lingkungan para pelanggan adalah identitas, keinginan, kebutuhan, perilaku, kebiasaan, nilai-nilai, dan situasi kehidupan mereka yang melakukan kegiatan bisnis dengan organisasi kita, yang berkaitan dengan faktor demografis dan psikografis pelanggan. Dalam hal ini organisasi dapat menangani entitas dan kompleksitas pelanggan dalam area bisnis, pemerintahan, individu dan kelompok masyarakat. Faktor demografis seperti jenis kelamin (gender), usia, pola perkawinan, tingkat kelahiran, pendidikan, situasi ekonomi, kebiasaan membeli, agama, mobilitas, dan sejenisnya, lazim disinyalir sebagai faktor yang berpengaruh terhadap para pelanggan yang perlu kita akses. Begitu juga faktor perubahan psikografik seperti nilai-nilai sosial, gaya dan tren, kesadaran ekologis, kesadaran kesehatan, sikap terhadap institusi pemerintah, sikap terhadap polisi, nilai-nilai keluarga, dan relasi gender dapat mempengaruhi hubungan organisasi dengan pelanggan. Organisasi juga perlu memantau peningkatan angka kriminalitas dan kekerasan serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi perilaku pelanggan. Termasuk memantau bagaimana perubahan lingkungan pribadi dan organisasiyang memaksapada perubahan perilaku pelanggan. Dalam hal ini organisasi secara mental perlu menempatkan diri dalam posisi dunia mereka dan belajar apa yang mereka alami, serta bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan yang terjadi dalam dunia mereka. Dengan mempelajari secara lebih seksama tentang perubahan yang sedang terjadi pada para pelanggan, kita akan lebih dapat memahami dan bahkan mengantisipasi apa yang bakal terjadi dengan mereka. Dalam hal ini termasuk masalah baru yang dihadapi para pelanggan, dan bagaimana isu-isu yang berkembang tersebut diterjemahkan ke dalam nilai premis organisasi kita.

2. Lingkungan Pesaing
Lingkungan pesaing adalah identitas, motif, kekuatan, kelemahan, perilaku dan potensi organisasi lain yang bersaing untuk mendapatkan sumber daya pelanggan. Untuk memahami lingkungan para pesaing kita, maka perlu diajukan beberapa pertanyaan penting. Yaitu bagaimana cara pesaing kita mendekati pelanggan? Apakah para pesaing bersedia berbagi dalam industri tertentu? Apakah mereka hanya terdiri dari pemain besar saja? Apakah organisasi kita adalah salah satu dari industri mereka? Apakah para pemain berada dalam industri yang setara dan tidak ada pemain dominan lain yang nyata? Apakah para pesaing kita berkomplot? Apakah mereka membentuk aliansi atau bermitra? Apakah mereka melakukan akuisisi untuk memperkuat akses terhadap pelanggan mereka? Apakah mereka bersikap agresif dengan membawa penawaran baru ke pasar? Apakah mereka mengambil keuntungan dari teknologi baru, baik untuk memperbanyak pelanggan maupun untuk menekan biaya, atau untuk maksud keduanya? Apakah pesaing internasional juga mempengaruhi organisasi kita? Blind spot apa tentang nilai pelanggan yang mungkin dapat kita manfaatkan dari mereka? Disamping itu, dalam beberapa kasus, para pelanggan kita adalah mungkin pesaing kita juga, dengan mengambil keuntungan dari apa yang telah mereka beli dari kita. Bahkan, para pesaing kita tidak hanya terbatas pada organisasi lain yang menawarkan barang dan/ atau jasa yang sama dengan kita. Boleh jadi mereka adalah operator lain yang menyebabkan para pelanggan ingin berbisnis lebih murah dengan kita. Oleh karena itu pertanyaan-pertanyaan diatas perlu dijawab dengan baik dan seksama oleh para pemikir strategik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close