People Innovation Excellence

Berfikir Kognisional Strategik [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

3. Lingkungan Ekonomi
Yang dimaksud dengan lingkungan ekonomi adalah dinamika pasar, modal, sumber daya kritis, biaya, harga, mata uang, keadaan ekonomi nasional, dan keadaan perdagangan internasional, yang kesemuanya dapat mempengaruhi perilaku konsumen, perilaku pesaing, dan terbukanya peluang bagi organisasi kita sendiri. Pertanyaannya adalah, faktor-faktor ekonomi penting apa yang paling mempengaruhi permintaan? Bagaimana pengaruh resesi terhadap industri? Bagaimana perilaku ekonomi pada saat terjadinya booming? Apakah pasar internasional mempengaruhi organisasi kita secara langsung? Apakah harga, pendapatan dan/ atau biaya menjadi sensitif terhadap pergerakan valuta asing, suku bunga, atau imbal-balik investasi? Apakah organisasi kita sangat tergantung pada bahan-dasar penting sehingga persediaan dan harga berfluktuasi? Bagaimana perubahan kebijakan pajak akan mempengaruhi pelanggan dan bisnis kita? Gelombang apa yang datang dan bisa kita deteksi, dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kegiatan bisnis kita? Jika kita bergantung pada beberapa pelanggan besar, bagaimana apabila kita kehilangan salah satu dari pelanggan tersebut, agar tidak membahayakan kelangsungan hidup organisasi kita? Apakah dengan adanya perubahan ekonomi, industri dan perdagangan, kita dapat menterjemahkannya kedalam pendapatan dalam industri kita? Lingkungan ekonomi adalah salah satu dimensi yang sangat kompleks, dan kita dituntut untuk menyortir berbagai perubahan yang berdampak secara primer dan sekunder terhadap organisasi kita, sehingga kita tetap dapat melakukan analisis untuk proporsi nilaibisnis yang tengah kita kelola.

4. Lingkungan Teknologi
Lingkungan teknologi adalah berbagai peristiwa teknologi, tren, dan solusi yang tersedia atau tengah berlangsung yang dapat meningkatkan kemampuan organisasi untuk menciptakan nilai. Hal ini termasuk studi tentang pengembang teknologi baru dan kemungkinan perilaku yang akan muncul, baik tentang teknologi itu sendiri, maupun tren yang terkait dengan penerapan teknologi. Bagaimana perubahan teknologi dapat mempengaruhi pelanggan, dan bagaimana perubahan tersebut dapat menyebabkan ancaman dan peluang baru terhadap organisasi? Bagaimana memilah teknologi yang datang dengan cepat dengan yang tengah sekarat? Apakah kita mengendarai teknologi yang tengah berkembang, atau yang tengah sekarat? Apakah suatu gelombang perubahan dapat memicu perdebatan tentang konsekuensinya terhadap perubahan jangka panjang? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun teknologi baru yang berharga kedalam kegiatan operasional kita? Apakah ada produk atau proses baru yang dapat membahayakan keberadaan organisasi kita? Apakah dengan dilakukannya suatu terobosan dapat merestrukturisasi seluruh industri kita? Apakah suatu keunggulan teknologi bisa membuat perbedaan besar, khususnya dalam menciptakan nilai tambah bagi pelanggan kita? Apakah upaya menginvestasikan sumber daya bagi pengembangan teknologi tertentu sudah sesuai dengan kebutuhan kita? Begitu pula pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab dengan baik dan seksama oleh para pemikir strategik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close