People Innovation Excellence

Berfikir Kognisional Strategik [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

5. Lingkungan Sosial-Budaya
Lingkungan sosial-budaya adalah pola budaya, nilai-nilai, keyakinan, tren, gaya, preferensi, patriotisme, pertikaian dan konflik yang membentuk sistem referensi perilaku masyarakat. Dalam kaitan ini juga termasuk dampak budaya nasional, budaya etnis dalam suatu negara, beserta berbagai segmen sosial-budaya lainnya, seperti perilaku remaja dan anggota masyarakat dengan berbagai gaya hidup mereka. Perubahan lingkungan sosial-budaya dapat digunakan sebagai parameter yang dapat mempengaruhi perilaku pelanggan serta menentukan peluang terbuka bagi suatu usaha dan penetrasi pasar baru. Merebaknya isu-isu sosial-budaya yang luas atau terjadinya perubahan sikap masyarakat mungkin akan membuat produk tertentu kurang diinginkan lagi, dan mengundang pendatang baru untuk memenuhi permintaan. Penguasaan permasalahan terhadap kehidupan publik, seperti hukum dan ketertiban, hak-hak sipil, telaah kritis tentang etika dan praktik medis, nilai-nilai dan hubungan keluarga, merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh para pemikir strategik. Seperangkat daftar pertanyaan penting yang perlu dijawab oleh para pemikir strategik sehingga mereka memiliki keterampilan yang memadai dan dapat menggunakannya setiap hari. Sejauhmana permasalahan moral, agama, peran media, dan hak-hak berbagai kelompok kepentingan yang berubah mempengaruhi lingkungan organisasi kita? Sejauhmana peran tanggung jawab sosial organisasi (CSR), dan peran sebagai warga negara yang baik, diadopsi ke dalam bisnis kita? Bagaimana persepsi dan sikap masyarakat terhadap jenis industri atau organisasi kita? Apa yang perlu kita pikirkan kembali, apa yang perlu kita evaluasi kembali, untuk menempatkan kembali posisi organisasi kita dengan seperangkat nilai yang kita anggap berbeda dan sangat diperlukan?
6. Lingkungan Politik
Lingkungan politik adalah proses yang terjadi dalam pemerintahan nasional, regional, maupun lokal, serta berbagai interaksi kekuatan kelompok yang dapat mempengaruhi aturan main dunia bisnis. Hal ini dapat mencakup intervensi pemerintah pada industri tertentu, kebijakan pajak di semua strata pendapatan, pengeluaran pemerintah, penerapan undang-undang yang bertujuan untuk menerapkan kebijakan sosial, dan berbagai regulasi industri dan praktek perdagangan dan investasi. Kebanyakan eksekutif bisnis, misalnya, sering menganggap peraturan pemerintah sebagai campur tangan dalam urusan yang menyusahkan mereka. Tetapi beberapa organisasi agaknya mulai merevisi asumsi tersebut dan mencoba untuk secara aktif berpartisipasi dalam pembentukan kebijakan peraturan agar mendapatkan keunggulan kompetitif. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa ketidakstabilan pemerintah nasional, pengaruh korupsi, dan tingkat keamanan dapat berpengaruh negatif terhadap organisasi. Adanya perbedaan penerapan hukum dan kebijakan antara pemerintah daerah yang satu dengan yang lainnya, dapat memudahkan melakukan kegiatan bisnis pada satu sisi, namun di sisi yang lain dapat menciptakan suatu mimpi buruk. Adakalanya disarankan untuk merelokasi sebagian atau bahkan semua operasional bisnis agar terhindar dari dampak negatif akibat kekisruhan politik yang berkepanjangan dan tidak kondusif. Lingkungan politik juga dapat mencakup pengaruh kelompok-kelompok informal yang melakukan tekanan, seperti para aktivis organisasi, LSM, ormas, asosiasi dan kelompok kepentingan lain dengan berbagai tujuan termasuk sorotan media yang mengangkat sejumlah isu tertentu yang berdampak terhadap organisasi kita.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close