People Innovation Excellence

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tugas pertama dari setiap pemimpin adalah menumbuhkan kepercayaan. Kepercayaan adalah keyakinan yang lahir dari dua dimensi,yakni: karakter dan kompetensi. Karakter mencakup niat, motif dan integritas untuk mempengaruhi dan menanamkan kepercayaan pada orang lain. Sementara kompetensi meliputi kemampuan, keterampilan, hasil, dan track record yang dimiliki seorang pemimpin. Kedua dimensi tersebut tentunya sangat penting, sejalan dengan meningkatnya kesadaran etika dalam masyarakat dewasa ini yang menempatkan kepercayaan sebagai modal untuk memasuki arenaekonomi global. Boleh jadi seseorang bersifat tulus dan jujur (berkarakter), namun orang tersebut belum bisa mendapatkan kepercayaan sepenuhnya apabila ia tidak membuahkan hasil atau prestasi, dan demikian juga sebaliknya. Seseorang mungkin memiliki kemampuan besar, bakat dan track record yang baik, namun apabila ia kurang jujur (kurang berkarakter) tentunya orang tersebut akan sulit dipercaya. Para pemimpin yang baik perlu mengawali tugasnya dengan kepercayaan ketika ia mulai menjalankan tugas dalam suatu organisasi, baik sektor bisnis maupun publik. Ketika suatu organisasi memiliki tingkat kepercayaan yang rendah, maka konsekuensi ekonomis dari hal tersebut akan dipikul oleh para pelakunya. Menanamkan kepercayaan akan memakan waktu yang cukup lama dan mahal karena organisasi perlu mengambil langkah-langkah untuk mengkompensirakibat kurangnya tingkat kepercayaan. Sebetulnya biaya dari rendahnya tingkat kepercayaan dapat diukur karena hal tersebut bukan hanya masalah sosial semata, akan tetapi juga merupakan suatu masalah ekonomi. Para pemimpin yang baik dapat memasukkan unsur kepercayaan terhadap tujuan yang eksplisit, sebagaimana tujuan lain yang dapat diukur dan ditingkatkan. Dengan demikian, para pemimpin harus mampu mengkomunikasikan bahwa kepercayaan penting bagi manajemen dan kepemimpinan. Salah satu cara awal yang baikadalah membuat pengukuran dasar tentang kepercayaan organisasi untuk kemudian melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Transformasi awal yang benar adalah membangun kredibilitas di tingkat pribadi. Dasar dari kepercayaan adalah kredibilitas pribadi kita sendiri, dan hal tersebut merupakan faktor pembeda yang nyata bagi setiap pemimpin. Reputasi seseorang adalah refleksi langsung dari kredibilitasnya, yang akan mendahului ketika mereka berinteraksi dan bernegosiasi. Ketika reputasi dan kredibilitas seorang pemimpin meningkat, maka mereka akan membangun kepercayaan dengan cepat dan dapat menurunkan biaya. Terdapat 4 (empat) hal penting dalam membangun kredibilitas, yaitu integritas, kesungguhan, kemampuan dan hasil. Sementara dalam membangun kepercayaan kita perlu memahami dan menjelaskan apa yang diinginkan oleh organisasi dan apa yang dapat kita tawarkan terhadapnya. Terdapat 13 (tigabelas) faktor yang dapat meningkatkan kredibilitas, yakni:
1. Berkata jujur;
2. Menaruh hormat;
3. Bersikap transparan;
4. Mengakui kesalahan;
5. Menunjukkan sikap loyalitas;
6. Unjuk kinerja;
7. Melakukan dengan lebih baik lagi;
8. Menghadapi realitas;
9. Memperjelas harapan;
10. Mempraktikan akuntabilitas;
11. Bersedia mendengarkan;
12. Memilki komitmen; dan
13. Terus meningkatkan kepercayaan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close