People Innovation Excellence

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketigabelas perilaku ini perlu berjalan dengan seimbang , misalnya berbicara jujur perlu diimbangi dengan sikap menaruh hormat, dan ketika salah satu perilaku bergerak ke arah yang ekstrim maka hal tersebut dapat menjadi suatu kelemahan.
Sejauhmana pengaruh seorang pemimpin terhadap orang lain akan bergantung pada sejauhmana peran dan tanggung jawab yang dimilikinya dalam organisasi. Namun, kesan pertama ketika pemimpin memulai karir dalam organisasi akan menentukan reputasinya kedepan. Para pemimpin terbaik mengakui bahwa kepercayaan dapat melandasi dan mempengaruhi kualitas setiap hubungan, setiap komunikasi, setiap proyek kerja, dan setiap usaha dimana kita terlibat. Peningkatan kepercayaan akan mempengaruhi perubahan kualitas kepemimpinan setiap saat baik di saat ini maupun di masa depan, baik secara pribadi maupun profesional.
Disamping itu organisasi kedepan perlu menjadi kolam yang dalam bagi berkembangnya bakat para pemimpin agar mereka dapat beradaptasisesuai kehendak dan minat mereka di lingkungan kerjanya. Karena organisasi akan menuntut kemampuan para pemimpin untuk secara akurat mengamati pasar, menilai efektivitas kerjanya sendiri, berpikiran ajeg dan melaksanakan ide-idenyasecara efektif sesuai dengan jenjang tanggung jawab kepemimpinan di setiap tingkatan organisasinya. Sayangnya, banyak organisasi yang kurang mampu mendefinisikan tentang apa yang mereka cari dari pemimpin mereka, selain dengan konsep yang masih kabur dan karenanya jalan menuju tujuan selalu keruh.
Dalam hal ini perlu dirumuskan suatu definisi kerja kepemimpinan yang luas untuk menjawab tujuan yang belum cukup spesifik sebagai rujukan. Agaknya rumusan tersebut sederhana saja, “Kepemimpinan adalah seni yang menyebabkan orang lain ingin mengikuti.” Mengingat kepemimpinan adalah “seni” maka akan ada banyak cara untuk menciptakan kondisi yang tepat sekaligus terdapat suatu cara yang dapat bekerja dalam segala situasi. Karenanya kepemimpinan akan lebih menekankan pada apa yang orang lain lakukan ketimbang apa yang pemimpin lakukan. Kepemimpinan adalah selalu tentang gerakan dalam pemikiran atau tindakan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close