People Innovation Excellence

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, ketika kita memiliki definisi kepemimpinan yang jelas, maka kita memiliki arsitektur yang diperlukan untuk berpikir tentang kepemimpinan dan mengukur hasilnya. Dengan pemahaman ini kita dapat memahami konteks kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan bersifat pribadi, kontekstual dan terfokus pada tujuan. Penekanan pada satu elemen dapat mengorbankan elemen yang lain agar mengarah pada hasil. Kepribadian sang pemimpin adalah kendaraan untuk menggerakkan upaya kepemimpinan, sebagaimana racikan saus untuk lezatnya rasa makanan. Namun, seperti halnya tidak ada satu jenis saus untuk setiap kali makan, maka tidak ada satu tipe kepribadian yang menggambarkan seorang pemimpin yang baik. Dalam konteks ini tidak perlu lagi kita membahas tentang gen kepemimpinan atau sejumlah daftar kebajikan heroik yang mutlak bagi kepemimpinan. Lebih baik kita berfokus hanya pada pengembangan set karakter yang ada dalam diri calon pemimpin. Kepemimpinan juga adalah tentang konteks suatu hubungan yang menyebabkan hasil. Pertama, bahwa terdapat hubungan antara pemimpin dan pihak lainnya. Kedua, setiap pemimpin harus menyadari keadaan dan kondisi yang membatasi sehingga mengetahui cara tentang bagaimana meningkatkan hasil. Ketiga, terfokus pada tujuan bersama, dengan memberikan energi dan antusiasme yang diperlukan untuk suatu gerakan yang terarah. Disamping itu, kita perlu fokus pada pengembangan keterampilan tentang seni dan praktik kepemimpinan. Yang dimaksud dengan seni, diantaranya adalah bagaimana kita mendapatkan dan menggunakan umpan balik yang akurat sebagai refleksi dari pengalaman yang dapat mematangkan pengembangan pribadi para pemimpin, yakni suatu pengalaman yang ditimba dari konteks pekerjaan mereka. Terutama umpan balik berupa masukan dari para manajer, pelatih atau mentor sebagai perspektif tambahan. Terdapat 4 (empat) kunci kepemimpinan berbakat, yakni:
1. Menggenggam kendali: seorang pemimpin membutuhkan pemahaman tentang gambaran besar dan keadaan sesungguhnya dimana organisasi beroperasi. Dalam hal ini, para pemimpin perlu secara rutin mengumpulkan data intelijen tentang apa yang terjadi baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi umumnya, sehingga mereka dapat memastikan bahwa asumsi organisasi dapat terus divalidasi berkenaan dengan kondisi yang terus berkembang. Mengatur mekanisme dalam organisasi untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi. Semakin banyak mata dan telinga yang digunakan untuk tugas-tugas ini, semakin kaya data dan informasi yang dapat diperoleh. Dengan kata lain, para pemimpin tidak boleh menganut asumsi yang nyaman yang dapat membatasi manuver dalam organisasi secara keseluruhan. Jika mereka hanya mengandalkan pada efisiensi semata, maka mereka tidak akan mampu menciptakan kondisi untuk sukses. Mereka perlu terus memantau dan menangkap peristiwa sekaligus menganalisis implikasinya terhadap usaha organisasi, hal ini sama dengan melakukan pengembangan kemampuan organisasi agar tetap dapat fokus dan menjaga gambaran besarnya;
2. Memotivasi: hanya memahami gambaran besar tidaklah cukup, kecuali jika hal tersebut digunakan untuk memotivasi organisasi untuk membuat penyesuaian yang tepat. Wawasan dan pemahaman para pemimpin tersebut perlu dibagi. Implikasinya setiap motivasi yang diberikan harus menciptakan riak ke seluruh tingkatan organisasi dan dapat dilakukan respon terkoordinasi terhadap perubahan kondisi, terutama yang berkenaan dengan ancaman atau peluang. Tentu saja kondisi demikian perlu terus dikelola sesuai dengan peran danfungsi orang-orang yang berada disekeliling mereka. Jika para pemimpin terjebak dalam kegiatan operasional sehari-hari semata, maka mereka akan kehilangan kemampuan untuk memotivasi dan memperluas perspektif orang di sekeliling mereka. Memotivasi para pekerja berarti juga memimpin secara sengaja untuk membantu orang lain menggunakan apa yang mereka miliki agar tetap fokus pada gambaran besar. Para pemimpin harus mendengarkan dan memberikan instruksi agar tim kerja merekadapat bermain baik bersama-sama;
3. Menempa: para pemimpin dapat menampilkan gaya dan tekanan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah organisasi tetap selaras dengan perubahan kondisi. Terdapat banyak cara untuk memonitor dan menyelesaikan sebagian besar tugas kepemimpinan. Para pemimpin yang efektif adalah mereka yang dapat menggunakan dorongan, tujuan dan komitmen terhadap para pekerja dalam organisasi untuk memastikan dilakukannya suatu kebijakan dan eksekusi. Para pemimpin dapat secara sengaja memanfaatkan potensi dan energi para pekerja untuk mewujudkan tujuan terwujud;dan
4. Transformasi: tugas para pemimpin masa kini akan selalu melibatkan transformasi. Para pemimpin adalah mereka yang menyebabkan bagian-bagian dari keseluruhan organisasi dapat terus berkembang dan berubah. Mereka adalah yang menentukan darimana memulai dan di mana organisasi ingin berada di masa depan. Para pemimpin adalah mereka yang melihat diri mereka senantiasa berbeda, melakukankolaborasi, dan mengembangkan kemampuan mereka dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, mereka perlu terus melihat ke depan sehingga transformasi ini terfokus dan terarah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close