People Innovation Excellence
 

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, jika kita ingin meningkatkan kekuatan organisasi, maka mulailah dengan memelihara kepemimpinan berbakat di seluruh jajaran organisasi. Disamping itu, mendefinisikan kepemimpinan dengan lebih jelas sekaligus memotivasi orang lain untuk berlatih seni dan bakat kepemimpinan. Bukalah ruang kesempatan bagi setiap orang untuk berlatih seni dalam peran kepemimpinan dalam kondisi kerja mereka sehari-hari.
Efektivitas seorang pemimpin hanya dapat dinilai dari kemampuannya untuk mempengaruhi orang lain agar mengikutinya. Para pemimpin perlu terus belajar dan menyisihkan waktu untuk merefleksikan pengalaman mereka, dengan senantiasa mencari masukan dari orang lain, dan terus bereksperimen dan memperluas pengetahuan mereka. Dengan menempatkan para pemimpin berbakat dalam organisasi kita, pada gilirannya akan menghasilkan keunggulan kompetitif yang kokoh.
Setelah kita menghabiskan waktu berjam-jam dengan tim kepemimpinan untuk mengembangkan misi dan visi yang dipercaya akan mendorong akselerasi organisasi ke tingkat berikutnya serta memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan, maka usaha yang sebenarnya baru dimulai. Yaitu bagaimana kita dapat menggunakan misi dan visi ini dan mengubahnya menjadi kenyataan yang dapat memberikan nilai keunggulan bagi semua pihak yang berkepentingan. Jawaban terhadap pertanyaan besar ini adalah integrasikan bakat pada orang-orang yang kita miliki kedalam proses dan teknologi sehingga setiap orang dan segala sesuatunya bergerak menuju misi dan visi organisasi. Banyak para eksekutif keliru bahwa setelah mereka menetapkan misi dan visi bagi organisasi, mereka menyerahkan begitu saja hal tersebut kepada manajemen untuk melaksanakannya. Padahal banyak manajer yang gagal menterjemahkan misi dan visi organisasi karena mereka tidak mampu melihat manfaatnya bagi tim kerja mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close