People Innovation Excellence

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keberhasilan setiap inisiatif perubahan, seperti memperkenalkan misi dan visi baru organisasi yang diharapkan bergerak ke arah kenyataan, sangat tergantung pada kesiapan para pelaku yang dimiliki organisasi. Melaksanakan misi dan visi mengharuskan para pimpinan organisasi untuk melibatkan seluruh pekerja di setiap tingkatan. Agar partisipasi dapat berjalan secara merata, diperlukan suatu review strategi, mengembangkan tujuan, sasaran, dan rencana aksi. Hal tersebut untuk memastikan bahwa para pekerja memahami arah organisasi berbasis strategi. Para tokoh kunci sebaiknya dilibatkan untuk membantu penetapan tujuan realistis dan mendukung rencana taktis dengan tonggak terukur dalam jangka waktu yang dibatasi, sehingga organisasi tidak kehilangan fokus. Disamping itu, pastikan peran dan tanggung jawab masing-masing jabatan baik secara individual, tim, departemen dan divisi untuk mendukung dan melaksanakan misi dan visi organisasi terumus dengan jelas. Dengan demikian diperlukan pertemuan teratur untuk meninjau kemajuan dari perspektif masing-masing departemen dan organisasi secara keseluruhan. Melaksanakan strategi membutuhkan komitmen dari semua para pekerja di semua tingkatan. Organisasi yang mengakui manfaat kolaborasi di semua tingkatan organisasi akan memperkuat peluang untuk sukses.
Pada sisi yang lain, tanpa proses yang efektif, suatu organisasi tidak dapat memenuhi tujuan strategiknya. Sehingga pertanyaannya kemudian adalah, seberapa efektifkah proses yang berlangsung? Apakah hal tersebut telah benar-benar mendukung strategi organisasi sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan? Apakah para pekerja telah betul-betul memahami proses dan harapan serta akuntabilitas dari tugas spesifik mereka?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close