People Innovation Excellence

Kompetensi Kepemimpinan Ke Depan [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Jika kita menjawab “tidak” untuk semua pertanyaan tersebut, maka beberapa langkah berikut ini perlu ditempuh terlebih dahulu untuk memastikan agar keberhasilan dapat dicapai, yakni:
1. Para pemimpin perlu menyisihkan waktu dan tanaga untuk memberikan dukungan dan bimbingan terhadap kebutuhan para pekerja;
2. Dibentuk tim proses yang ahli dalam memberikan materi pelajaran lintas fungsional yang berkinerja tinggi, obyektif dan kreatif untuk menjadi pemimpin perubahan;
3. Mengidentifikasi proses inti organisasi dalam alur bisnis vertikal seperti operasi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. Beberapa kasus perlu diidentifikasi dalam kaitannya dengan kepentingan para pelanggan; dan
4. Menyelaraskan proses dengan tujuan strategik,dan dalam hal ini gambaran yang jelas tentang misi dan visi organisasi harus dikomunikasikan dan dipahami oleh semua pelaku organisasi.
Dalam kaitan diatas, teknologi bukanlah solusi melainkan alat untuk menyelaraskan antara orang dan proses sesuai dengan strategi organisasi yang telah diformulasikan, terutama dalam memfasilitasi akses ke informasi berkualitas tinggi yang sangat penting untuk kesuksesan organisasi. Teknologi telah memungkinkan kita untuk menempatkan informasi bisnis yang tepat di tangan setiap pelaku dalam organisasi, serta memberikan kepada mereka kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan fakta secara cepat. Disamping itu menyediakan sarana arus informasi yang memungkinkan kita untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan, pemasok dan mitra organisasi lainnya. Teknologi telah menjadi gudang data-informasi dan aplikasi pelaporan analitis yang memungkinkan organisasi mengakses sistem transaksi usaha (ERP, CRM, rantai pasokan,dan aplikasi manajemen kinerja) yang efisien dan memfasilitasi penyebaran metrik kinerja ke seluruh organisasi. Organisasi yang paling sukses adalah mereka yang telah berhasil memadukan antara orang, proses dan teknologi dengan strategi secara terintegrasi. Integrasi tersebut akan memudahkan suatu organisasi dalam menciptakan, memelihara dan mempertahankan keunggulan kompetitif sekaligus mewujudkan misi dan visi mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close