People Innovation Excellence

Mengubah Budaya Organisasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebanyakan dari para pakar perilaku menegaskan bahwa model peran yang konsisten dari seorang figur akan menentukan perkembangan perilaku para pengikut. Demikian pula halnya, dalam setiap organisasi, figur model yang signifikan biasanya memegang posisi yang berpengaruh. Dalam sebuah organisasi, para pekerja dalam fungsi dan tingkatan yang berbeda memiliki model-peran masing-masing yang berbeda pula. Dengan demikian, untuk mengubah perilaku secara konsisten di seluruh organisasi, tidak cukup hanya dengan menunjukkan cara-cara kerja baru melalui figur model tingkatan papan atas saja, dan terdapat sejumlah panutan di setiap tingkatan organisasi yang perlu diajak bicara. Perilaku dalam organisasi tidak hanya dipengaruhi oleh peran model (panutan) semata, akan tetapi juga oleh kelompok-kelompok lain dimana para pekerja dapat saling mengidentifikasi. Peran panutan dari para figur perlu dikonfirmasi oleh sekelompok orang yang mengelilingi mereka jika peran tersebut ingin memiliki pengaruh permanen atau mendalam. Dalam kebanyakan perilaku kelompok remaja perilaku permodelan ini akan lebih mudah dijelaskan, namun dalam perubahan perilaku organisasi peran tersebut harus bermakna terhadap kelompok kunci pada setiap tingkatan organisasi.
Tentu saja mengubah budaya organisasi adalah tugas terberat yang akan dihadapi oleh para pemimpin. Karena budaya organisasi telah terbentuk selama bertahun-tahun melalui interaksi diantara para pelaku dalam organisasi, sehingga upaya mengubah budaya bagaikan menggulirkan batu dalam jalanan yang menanjak. Terbentuknya budaya organisasi bukan tanpa alasan, karena sangat mungkin budaya yang ada saat ini memang dianggap paling cocok dengan gaya dan kenyamanan dari para pendiri organisasi. Memberlakukan perundang-undangan atau peraturan tentang anti korupsi misalnya, tidak serta merta akan menghilangkan perilaku korup yang telah membudaya, karena para koruptor yang berhasil ditangkap masih bisa tertawa di depan televisi. Demikian juga halnya, budaya dapat berpengaruh pada gaya manajemen yang berlaku. Para manajer – sadar atau tidak sadar – sering mempekerjakan orang-orang seperti diri mereka sendiri, sehingga suatu budaya organisasi akan terus diperkuat oleh para pekerja baru. Bahkan pada organisasi-organisasi BUMN dan birokrasi pemerintahan misalnya, sudah lazim untuk mempekerjakan tenaga kerja baru yang memiliki kaitan sanak-saudara dan ikatan keluarga (nepotisme) yang memiliki koneksi langsung dengan para pekerja yang sudah menetap lama, meskipun belakangan ini praktik-praktik semacam itu terus direformasi. Dengan demikian, budaya organisasi tumbuh dari waktu ke waktu dan para pekerja biasanya sudah merasa nyaman dengan budaya saat ini. Bagi mereka yang berniat ingin melakukan perubahan budaya organisasi, maka biasanya suatu peristiwa penting perlu terjadi terlebih dahulu, apakah ancaman kebangkrutan, kerugian, atau menurunnya penjualan bisnis secara sangat signifikan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close