People Innovation Excellence
 

Revitalisasi Pancasila [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Masalah yang sama muncul berkaitan dengan gagasan komunitas global, yang lebih bersifat utopia ketimbang kenyataan. Komunitas demikian sebenarnya dapat dikembangkan secara top-down misalnya, yakni sosialisasi yang dapat ditingkatkan melalui badan PBB (UN), atau secara bottom-up dapat melalui proses sosial dari lembaga-lembaga seperti organisasi internasional non-pemerintah (LSM), berbagai norma transnasional (misalnya tentang isu lingkungan), penggunaan bahasa dunia (bahasa Inggris), dan jaringan sosial informal lainnya. Pada akhirnya, suatu tatanan dunia baru tidak mungkin dapat berkembang tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat di seluruh dunia. Perlu adanya suatu advokasi tentang tatanan sosial sehingga individu terikat oleh nilai-nilai bersama yang mendorong ikatan komunal yang erat. Komunitarianisme menekankan pada interaksi sosial pada konteks sosial dan konsepsi diri individu, sementara pandangan liberalisme tentang individu tanpa konsepsi yang jelas dapat memisahkan individu dari lingkungan sosialnya. Penggabungan konsep nilai-nilai bersama masyarakat, dan kewajiban warganegara menjadi penting. Pertanyaan mendasar tentang hubungan antara ‘masyarakat’ ideal dengan ‘negara’ merupakan perdebatan yang sering mengemuka dalam tataran politik praktis.
Dengan demikian filosofi komunitarian dalam pemahaman umum lebih mengedepankan peranan komunitas ketimbang individu yang membentuk komunitas tersebut. Pemikiran ini lebih berorientasi pada upaya memuaskan kebutuhan seluruh komunitas, dengan mendorong peran aktif negara yang secara holistik saling tergantung dengan manusia dan alam. Cara pandang mereka dalam melihat individu memiliki ketergantungan diantara satu dengan lainnya didalam komunitasnya. Menurut mereka, hubungan individu terhadap komunitas bersifat deduktif, karena mereka menganggap individu memiliki kebebasan. Individu memiliki hak untuk berbeda pendapat atau menolak pendapat mayoritas komunitas. Secara ideologis pemikiran mereka lebih menekankan pada modal sosial sebagai komponen penting dalam pembangunan dan pemeliharaan demokrasi. Dalam hal ini, pemerintah memiliki peran penting sebagai agen pelayanan masyarakat, untuk mencapai tujuan yang kompleks, dan dalam hal ini pemerintah juga diperbolehkan bekerja sama dengan organisasi swasta selama tidak merugikan masyarakat. Singkatnya, kepentingan bersama merupakan hal utama ketimbang kepentingan individu itu sendiri. Sebagai gambaran pemerintah berhak memberlakukan pajak pada setiap warga negaranya, dimana kemudian sebagai timbal baliknya, pemerintah akan mengupayakan dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, seperti pendidikan gratis, pemeliharaan kesehatan yang terjangkau, mensubsidi BBM atau pengalihan bantuan kepada masyarakat yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah. Menurut kalangan komunitarian pandangan individualistis dapat menghancurkan hubungan kebersamaan yang telah ada sebelumnya dalam pemerintahan demokrasi. Prinsip dari pemikiran mereka adalah individu memiliki hak bilamana disertai dengan kewajiban akan tanggung jawab sosial individu itu sendiri.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close