People Innovation Excellence
 

Revolusi Mental Ataukah Renaisans? [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Selama masa renaisans, perubahan tidak terbatas hanya pada upaya artistik dan intelektual, namun masyarakat secara keseluruhan mengalami perubahan dramatis selama periode ini. Pendidikan telah menjadi prioritas utama. Penulis seperti Vergerio dan Castiglione telah memfokuskan upaya untuk menjelaskan pada masyarakat tentang manfaat pendidikan massa. Jadi, untuk agenda ‘revolusi mental’, kebudayaan mesti dipahami bukan sekadar sebagai seni pertunjukan, pameran, kesenian, tarian, lukisan, atau celoteh tentang moral dan kesadaran, melainkan sebagai perubahan polapikir, cara-merasa, dan cara-bertindak yang terungkap dalam tindakan, praktik dan kebiasaan kita sehari-hari. Hanya dengan itu ‘revolusi mental’ memang akan menjadi wahana melahirkan renaisans Indonesia baru. Dengan demikian, peran keanekaragaman budaya sangat penting dalam meruntuhkan sekat-sekat penghalang antar-bidang. Keanekaragaman budaya tidak hanya mencakup budaya yang terpisah secara geografis, namun dapat juga meliputi budaya etnik, kelas, profesi, atau organisasi. Tentu akan muncul orang-orang yang berbeda dari kebanyakan orang disekitarnya, dan mereka lebih memiliki pemikiran yang terbuka dan divergen, bahkan mungkin pemikirannya bersifat memberontak. Orang-orang seperti ini cenderung mempertanyakan kembali tradisi, aturan, dan batas-batas sekaligus mencari jawaban yang tidak terpikir oleh orang lain, inilah proses awal terjadinya revolusi mental.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close