People Innovation Excellence

Analisis Strategik dan Sinergi [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sinergi merupakan upaya pencapaian hasil yang tidak bisa dilakukan oleh suatu kegiatan terpisah. Sinergi menggambarkan manfaat pengalaman mengorganisir bisnis dan strategi untuk memaksimalkan kerjasama dan inovasi. Dengan kata lain, suatu organisasi dapat dikatakan sinergik jika mereka dapat mencapai hasil maksimal melalui kelompok (tim kerja) ketimbang hasil tersebut diupayakan oleh unit-unit organisasi secara terpisah. Meningkatkan sinergi memerlukan analisis yang cermat tentang strategi yang dilakukan saat ini dengan mengidentifikasi kemungkinan cara yang lebih baik dalam melakukan bisnis. Oleh karena itu langkah-langkah identifikasi perlu dilakukan dengan cara sebagai berikut, yakni:
1. Keterampilan saling melengkapi
Menganalisis berbagai departemen, divisi dan unit organisasi lainnya untuk mengidentifikasi sejumlah keterampilan kunci pada masing-masing unit tersebut. Dalam hal ini kita perlu menemukan cara untuk menghubungkan setiap unit (departemen, divisi dan sebagainya) sehingga keterampilan dan wawasan yang ada di masing-masing unit tersebut saling terhubung, saling melengkapi dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Misalnya, dengan mencari cara untuk menghubungkan koordinasi dan komunikasi antar departemen pemasaran dan litbang yang ditujukan untuk merancang lini produk baru. Agar terdapat sambungan sinergik diantara kedua departemen ini bisa dilakukan dengan membuat tim gabungan yang menghubungkan keterampilan yang berbeda kedalam suatu cara yang saling melengkapi;
2. meningkatkan komunikasi
Mengidentifikasi dan menghilangkan hambatan komunikasi dapat meningkatkan sinergi dan pengembangan koordinasi. Contoh sederhana, dengan meminta masing-masing pimpinan departemen untuk bertemu secara teratur dan intensif untuk membahas kegiatan saat ini. Proses demikian dapat memacu diskusi yang mengarah pada ide-ide kreatif dan inovatif untuk kerjasama; dan
3. Perampingan
Menghilangkan kegemukan (redundansi) struktural juga dapat meningkatkan suatu sinergi, yakni dengan mengidentifikasi cara-cara untuk merampingkan kegiatan operasional, yang memberi ruang pada setiap departemen agar fokus pada efisiensi maksimal melalui perannya sendiri. Misalnya, memaksa sejumlah departemen untuk menangani masalah pelanggan, dengan penciptaan departemen pelayanan pelanggan baru, untuk mengatasi permasalah tuntutan pelanggan yang sulit rumit.

Cara lain untuk meningkatkan sinergi adalah dengan memberi kesempatan pada para pekerja berbagi strategi yang sukses. Katakanlah, jika manajer penjualan kita menemukan bahwa program insentif dapat memotivasi para stafnya dengan baik, maka pendekatan serupa mungkin bisa befungsi dengan baik pada departemen lainnya. Suatu aliansi strategik juga dapat dilakukan dengan unit bisnis lain yang memiliki sumber daya atau strategi yang sinkron dengan kita. Seorang produsen cokelat misalnya, bisa menawarkan diskon yang menarik pada produsen roti lokal, yang pada gilirannya akan mendorong pasokan cokelat bagi para pelanggan. Kedua bisnis tersebut – coklat dan roti – akan mendapatkan keuntungan dari koneksi sinergik yang sulit didapat, jika hal tersebut hanya dilakukan sendirian.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close