People Innovation Excellence

Analisis Strategik dan Sinergi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu pemetaan strategik dapat membawa kita jauh melampaui ruang dewan direksi dengan melihat sisi operasional untuk mengenali konteks keseluruhan. Tentu saja, kita dapat menggunakan berbagai teknik untuk melakukan analisis strategik, namun yang terpenting adalah perlu untuk melihat bisnis tersebut dari berbagai bidang dan sudut pandang. Baik dari sisi pelanggan, pemasok, para pekerja dan pesaing, bahkan faktor sosial ekonomi yang dapat mempengaruhi jalannya organisasi. Salah satu metode yang sering digunakan dalam melakukan analisis dan pemetaan strategik adalah analisis SWOT untuk melihat faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang melibatkan organisasi kita dan sekaligus menemukan tindakan yang tepat untuk menanggulangi hal tersebut. Kekuatan adalah faktor-faktor yang dapat membuat bisnis kita mencapai sukses, sementara kelemahan adalah suatu hal yang berdiri sebaliknya. Sedangkan peluang adalah potensi risiko atau imbalan, sebaliknya ancaman adalah hal-hal yang dapat merugikan organisasi bisnis kita. Meskipun kita sudah merasa cukup hanya dengan menggunakan analisis SWOT semata, namun beberapa teknik lain dapat membantu mengidentifikasi faktor peluang dan ancaman ini.
Michael E. Porter, seorang ekonom di Harvard Business School, telah mengembangkan gagasan bahwa kebanyakan orang yang terlibat dengan bisnis memiliki pilihan apakah akan tetap melakukan bisnis dengan kita atau meninggalkan kita. Porter berpendapat bahwa daya saing pelanggan dan pemasok merupakan faktor yang dapat mempengaruhi harga produk dan layanan online kita. Suatu faktor ancaman muncul jika pelanggan pergi dengan meninggalkan pelayanan kita. Pasang surutnya dinamika ekonomi dan latar politik mungkin merupakan faktor yang berada di luar kendali kita, akan tetapi suka atau tidak suka hal tersebut jelas memiliki dampak terhadap organisasi bisnis yang kita jalankan. Analisis PESTLe merupakan instrumen untuk menganalisis aspek politik, ekonomi, sosial-budaya, teknologi dan lingkungan ekologi guna membantu analisis SWOT yang tengah kita hadapi. Kita dapat memanfaatkan analisis PESTLe untuk melengkapi informasi diagnosis SWOT yang sedang kita kerjakan.
Demikian pula analisis 7-S dari Mc Kinsey dapat membantu untuk lebih melihat faktor internal organisasi kita melalui 7 (tujuh) sudut pandang yang berbeda. Analisis McKinsey dapat membantu mempertajam kekuatan organisasi kita dan memperkecil kelemahannya dalam konteks analisis SWOT. Namun demikian, apapun teknik strategik yang kita gunakan – atau berupa kombinasi dari kesemuanya – tetap membutuhkan proses yang menyita waktu. Dalam hal ini, suatu analisis tetap harus memerlukan masukan (data dan informasi) dari berbagai sumber, termasuk pemilik, wirausahawan, manajer, para pekerja, pemasok dan pelanggan. Informasi dapat dikumpulkan melalui sesi brainstorming terfokus secara kelompok atau tim kerja, termasuk penggunaan survei dan wawancara.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close