People Innovation Excellence

Analisis Strategik dan Sinergi [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada sisi yang lain, ketika organisasi merekrut SDM untuk ditempatkan dengan tepat pada organisasi bisnis kita (the right man on the right place), maka langkah pertama adalah mempersiapkan analisis jabatan strategik untuk penempatan posisi jabatan yang sesuai. Memiliki strategi yang tepat dalam merekrut dan pengembangan SDM dapat membantu dalam merencanakan masa depan organisasi kita. Suatu analisis tugas dan jabatan akan membantu dalam merumuskan persyaratan dan besaran imbalan dari suatu posisi, sekaligus melakukan penilaian kinerja yang akurat terhadap mereka. Analisis jabatan strategik dimulai dengan membuat daftar semua tugas yang diperlukan bagi suatu posisi. Ternasuk didalamnya tugas-tugas yang penting dan tambahan. Untuk tugas penting, perlu diketahui apakah mereka telah memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang diharapkan untuk menunjang tugas utamanya, atau akan menerjunkan mereka pada proses pelatihan. Jenis pendidikan dan pengalaman calon pekerja perlu segera dapat teridentifikasi untuk mempersiapkan mereka memasuki kancah pekerjaan yang sesungguhnya. Karenanya dalam mengiklankan kebutuhan akan tenaga kerja perlu didukung oleh informasi deskripsi kerja yang telah dipersiapakan berdasarkan analisis tugas dan jabatan yang telah kita susun.
Suatu analisis pekerjaan atau jabatan strategik dapat membantu kita dalam menentukan standar kompensasi untuk semua posisi yang tersedia. Diantaranya dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat akuntabilitas, tingkat kesulitan tugas, tingkat kemandirian dan tugas pengawasan. Disamping itu, perlu memeriksa kembali kualifikasi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas tersebut. Jika pendidikan dan pengalaman tertentu mutlak perlu dimiliki oleh calon pekerja, maka mungkin kita perlu meningkatkan paket kompensasi yang menarik bagi para pelamar yang paling memenuhi persyaratan kerja. Untuk menyelesaikan struktur kompensasi atau gaji, maka kita perlu melakukan survei pembanding pada organisasi lain yang memiliki persyaratan posisi yang sama untuk mengkonfirmasi apakah imbalan yang kita tawarkan tersebut cukup kompetitif dalam industri yang sejenis.
Wawancara kerja perlu dirumuskan dalam kerangka yang obyektif untuk menjaga konsistensi perlakuan yang sama terhadap setiap calon pekerja. Beberapa aspek penting mungkin dapat ditanyakan langsung, khususnya yang berkaitan dengan tugas yang diperlukan dari pekerjaan. Misalnya, menggali pengalaman dalam bidang pengawasan, dalam mana bagi tenaga kerja entry-level wawancara dapat fokus pada pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang pendidikan para pelamar. Dengan menggunakan analisis jabatan strategik dalam wawancara, para pewawancara dapat melindungi diri mereka dan organisasinya dari tudingan melakukan praktek kerja yang tidak adil dan menggunakan kriteria yang tidak relevan dalam menilai kualifikasi kandidat. Selama proses wawancara, para pewawancara harus membuat catatan tentang tanggapan para calon, sehingga dapat mempekerjakan orang dengan rekam jejak terbaik sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh analisis jabatan atau pekerjaan yang kita miliki.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close