People Innovation Excellence

Analisis Strategik dan Sinergi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Untuk memastikan bahwa para pekerja baru memahami persyaratan kinerja pada posisi mereka, maka kita perlu merumuskan rencana kinerja berdasarkan analisis jabatan strategik. Untuk setiap tugas penting sebaiknya kita mengidentifikasi dan menggambarkan harapan kita. Suatu contoh untuk posisi resepsionis, kita perlu menetukan kriteria kinerja terbaik resepsionis dalam memberikan pelayanan telepon agar memuaskan para pelanggan atau tamu, dengan menentukan dering keberapa sebaiknya telepon diangkat. Resepsionis tersebut dapat ditempatkan kedalam peringkat kinerja apakah lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kesigapan dalam menjawab panggilan telepon misalnya. Apabila rencana kinerja dibahas bersama-sama dengan para pekerja baru, maka penilaian kinerja yang diperoleh oleh seorang pekerja di masa depan bukan lagi suatu yang surprise atau unpredictable bagi mereka.
Analisis jabatan akan membantu para pelaku organisasi bisnis memahami uraian tugas dari posisi para pekerja mereka, disamping memiliki landasan yang obyektif untuk pengambilan keputusan tentang para pekerja untuk dilakukannya suatu rotasi atau promosi. Dengan demikian, ketika tenaga kerja mulai dipekerjakan, para atasan dapat langsung berkomunikasi dengan mereka tentang apa yang diharapkan dari mereka. Disamping itu, para pekerja tidak dibingungkan lagi oleh posisi mereka dan mereka mengetahui cara menuju sukses sesuai peran mereka. Sebuah analisis pekerjaan yang menyeluruh dapat mempengaruhi seberapa produktif usaha yang dilakukan oleh para pekerja.
Disamping memahami tujuan dan harapan dari posisi yang diembannya, para pekerja juga perlu memahami bagian dari tugas mereka yang paling penting bagi keberhasilan organisasi. Hal itu untuk memprioritaskan tugas-tugas yang bisa dicapai terlebih dahulu. Analisis jabatan juga akan membantu kita dalam memprioritaskan tugas-tugas, yang dapat meningkatkan seberapa produktif seorang pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Sejalan dengan hal itu, para pekerja juga membutuhkan sejumlah pelatihan, perlengkapan dan peralatan agar berkembang pada posisi mereka. Melalui analisis pekerjaan, para atasan dapat memprediksi jenis pelatihan dan pasokan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja baru. Dengan cara ini, kita tidak perlu menunggu berbulan-bulan agar para pekerja beradaptasi dengan posisinya, sehingga segera dapat melakukan tugas-tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaan mereka. Analisis jabatan mengungkapkan pengetahuan inti, keterampilan, kemampuan, pengalaman dan pendidikan yang perlu dimiliki para pekerja untuk mengisi lowongan suatu posisi dalam organisasi. Dengan mengungkapkan informasi ini, suatu organisasi dapat membuat garis yang jelas tentang calon pekerja ideal yang cakap untuk menduduki suatu posisi. Dengan sendirinya organisasi dapat menyaring pencari kerja secara akurat, sekaligus mengenyampingkan calon pekerja yang tidak memenuhi persyaratan minimal. Dengan menempuh hal ini, mungkin kita tidak perlu lagi mewawancarai kandidat yang tidak memiliki kualifikasi dan sekaligus menseleksi aplikasi dari semua pelamar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close