People Innovation Excellence

Mengubah Budaya Organisasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Untuk melaksanakan agenda besar tersebut para CEO biasanya akan meminta bantuan para konsultan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mengkaitkan temuan para pakar dengan program peningkatan kinerja ternyata telah membawa perubahan yang mengejutkan dalam perilaku para pekerja yang ternyata berakar pada perubahan “mind-set” mereka. Program perbaikan kinerja untuk menerapkan kombinasi dari semua ide-ide dapat mempengaruhi perubahan jangka waktu panjang dalam praktek bisnis sekaligus mempertahankan kinerja yang lebih baik. Para pekerja akan bersedia mengubah “mind-set” mereka, jika mulai melihat suatu titik yang terbuka untuk dilakukannya suatu perubahan. Dalam hal ini, sistem dan struktur rewards sebaiknya selaras dengan perilaku baru yang diharapkan. Para pekerja perlu memiliki keterampilan untuk melakukan apa yang diperlukan. Begitu pula mereka membutuhkan model berupa fugur yang mereka hormati yang berperan secara aktif. Mereka secara bersama-sama mengubah perilaku kerjanya dalam kegiatan organisasi dengan mengubah sikap yang sesuai dengan tuntutan kerja, yaitu apa yang bisa dan harus terjadi di tempat kerja mereka.
Berdasar teori disonansi kognitif dari Stanford Leon Festinger, bahwa jika para pekerja percaya pada tujuan organisasi secara keseluruhan, maka mereka akan senang dan sukarela untuk mengubah perilaku masing-masing untuk melayani tujuan organisasi tersebut. Bahkan para pekerja akan merasakan disonansi kognitif jika mereka tidak melakukan pekerjaan dengan tujuan yang dipercayainya. Agar para pekerja merasa nyaman dengan adanya perubahan dan melaksanakannya dengan rasa senang hati dan antusias, maka mereka perlu memahami peran, manfaat dan kontribusi mereka dalam organisasi. Tidaklah cukup hanya memerintahkan suatu perubahan pada para pekerja tanpa adanya waktu luang dari para pemimpin organisasi untuk menceritakan apa yang membuatnya layak melakukan perubahan tersebut. Dengan demikian kontribusi mereka dirasakan sebagai suatu tindakan yang masuk akal dan tidak sia-sia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close