People Innovation Excellence
 

Pengembangan Organisasi Melalui Efektivitas Tim Kerja [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tentu saja bagaimanapun suatu tim kerja yang solid tetap akan menghadapi tantangan berbagai macam kendala. Tantangan pertama, adalah membangun suatu kepercayaan, yang merupakan dasar dan sangat diperlukan untuk membangun suatu tim berkinerja tinggi. Dengan tingginya tingkat kepercayaan maka suatu tim akan bekerja dengan lebih produktif, memiliki rasa persatuan dan saling mendukung. Persoalannya adalah bahwa membangun kepercayaan tersebut membutuhkan waktu. Untuk mempercepat proses maka fasilitator atau konsultan dari luar dapat membimbing tim kerja dan berbagi wawasan baru dalam rangka membangun tumbuhnya suatu saling kepercayaan. Tantangan kedua adalah mengatasi konflik, dan dalam kaitan ini yang terpenting adalah pemahaman bagaimana konflik dapat menjadi produktif dan berguna bagi pembentukan tim kerja. Hambatan ketiga adalah kurangnya akuntabilitas. Cara terbaik untuk mendorong akuntabilitas adalah kejelasan pada saat menetapkan tujuan, dengan menulis secara terbuka setiap kemajuan dan menyelenggarakan dialog tim tentang prestasi dan kemunduruan yang sedang berlangsung.
Dalam hal ini kita perlu juga mengetahui indikasi bahwa tim yang sedang dibangun berkinerja tinggi atau mencapai hasil bisnis terbaik. Salah satu indikasinya adalah, ketika kita mengamati mereka maka akan terlihat suatu partisipasi dan dialog terbuka dalam setiap pertemuan tim kerja. Kita dapat mengamati kualitas percakapan mereka, melakukan evaluasi berkala tentang jalanannya proses inovasi dan proses belajar yang mereka lakukan secara terus menerus. Kita juga dapat melihat bagaimana dukungan kelompok terhadap anggota tim kerja lain yang belum mampu memberikan kontribusi, sehingga kita akan melihat hasil kolektif mereka.
Adakalanya kita butuh melibatkan pihak lain untuk mencapai pembentukan tim kerja terbaik sebagai fasilitator guna membangun tujuan tim berdasarkan pada perencanaan strategik. Fasilitator dapat membantu anggota tim kerja memahami bagaimana mereka akan bekerja sama, terutama dalam menanggulangi konflik yang ada. Hal ini disebut tahap awal yang sering disebut sebagai tahap mengatasi badai. Mungkin suatu lokakarya dapat membantu tim kerja dalan membangun ketegasan dan keterampilan solusi dan/atau resolusi konflik dan silang pendapat melalui dialog dan perdebatan produktif yang berkelanjutan dengan rekan tim kerja baru mereka. Tahap berikutnya adalah tahap pembentukan ‘norma’ dimana tim mulai membangun rasa persatuan dengan meninjau kemajuan mereka guna membuat sejumlah aturan-main. Penyelenggaraan suatu lokakarya pengembangan profesional bagi para pemimpin juga dianjurkan untuk membantu mereka mempelajari strategi peningkatan rasa memiliki dan kebanggaan bagi para pekerja. Tahap unjuk prestasi merupakan tahap produktivitas untuk mengetahui bagaimana masing-masing anggota dapat berkontribusi, dengan melakukan evaluasi kinerja dan penghargaan terhadap anggota tim kerja yang memberikan hasil terbesar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close