People Innovation Excellence

Pengembangan Organisasi Melalui Efektivitas Tim Kerja [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tidak hanya dengan satu tiupan suling untuk menciptakan harmoni simfoni, kecuali dibutuhkan suatu orkestra besar untuk memainkannya. Hubungan kerja sinergik adalah fenomena untuk menyaksikan aksi setiap orang per orang dalam suatu kerjasama sama yang hanya menyita sumber daya sedikit, namun mampu mencapai kuantitas dan kualitas output yang lebih tinggi ketimbang jika mereka bekerja hanya sendirian. Masalahnya adalah, banyak fasilitator perubahan profesional tidak memiliki pemahaman mendalam tentang dinamika yang mendasari bagaimana suatu sinergi bekerja. Mereka memandang bahwa sinergi telah tersedia dalam tim kerja mereka, dan mereka percaya mampu untuk memanfaatkannya. Sayangnya mereka sering tidak memiliki kemampuan dengan jelas tentang tindakan spesifik apa yang dapat digunakan untuk menumbuhkan sinergi tersebut.
Terdapat tiga Jenis hubungan kerja individu atau tim kerja dalam menggunakan sumber daya – termasuk waktu, uang, bahan baku, dan SDM – sebagai unit produktif dengan tiga cara, yakni dengan merusak diri sendiri, bersikap pasif-statik, dan yang diharapkan adalah mencapai sinergik. Pertama adalah yang bersifat merusak diri sendiri, yang dapat kita tuangkan kedalam rumus: 1 + 1 <2. Dalam jenis hubungan seperti ini para pekerja berinteraksi dengan cara menggunakan sumber daya secara berlebihan dari organisasi, sehingga output mereka menjadi kurang produktif dan kurang diharapkan jika masing-masing individu tersebut bekerja secara terpisah. Misalnya hubungan antara unit pemasaran dan unit operasi yang telah menghabiskan banyak sumber daya untuk melindungi wilayah mereka antara satu dengan lainnya dengan saling menyalahkan dan miskomunikasi. Bahkan mereka bekerja lebih menyerupai dua pihak pesaing internal dan bukan dua fungsi yang saling berkaitan dalam sistem yang sama. Hal ini juga sama dengan individu yang menghabiskan banyak waktu dan energi dalam konflik antara satu dengan lainnya ketimbang memenuhi kebutuhan para pelanggan. Hubungan kerja seperti ini akhirnya merusak diri sendiri karena orang-orang yang terlibat tidak menghasilkan cukup output dengan menguras sumber daya yang diperlukan bagi mereka untuk bekerja sama. Dengan kata lain, mereka benar-benar memiliki tingkat net produktivitas yang negatif. Untuk mempertahankan tingkat produktivitas seperti ini, sumber daya tambahan perlu didatangkan dari luar hubungan kerja. Dengan demikian jika tidak ada sumber daya berlebih, suatu organisasi akan menderita defisit sumber daya yang habis digunakan oleh “saluran pembuangan”. Untuk sementara organisasi mungkin dapat mensubsidi hubungan kerja seperti ini, namun dalam periode waktu yang relatif lebih lama, hubungan kerja demikian akan terus-menerus membuang waktu, uang, material atau bahan baku, dan tenaga manusia. Organisasi demikian dapat dilanda lingkaran setan antara output yang tidak memadai dan ketidakmampuan untuk melakukan sesuatu dalam mengatasi hal tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close