People Innovation Excellence

Pengembangan Organisasi Melalui Efektivitas Tim Kerja [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Hubungan yang kedua, adalah hubungan pasif-statik yang jika dituangkan kedalam rumus adalah 1 + 1 = 2. Dalam hubungan kerja yang pasif-statik, setiap orang akan berinteraksi dengan cara menggunakan sumber daya pada tingkat yang sepadan dengan yang mereka kontribusikan kembali terhadap organisasi. Dengan kata lain, tingkat produktivitas mereka akan sama jika kedua orang atau unit kerja mereka tidak digabungkan atau berdiri secara terpisah. Dilihat secara sepintas, tampaknya tidak ada masalah dengan jenis hubungan kerja seperti itu. Produktivitas seperti itu mungkin terlihat seperti “normal” saja, namun perubahan keadaan yang berlangsung cepat akan menciptakan tuntutan dan harapan baru, yang memberi tekanan pada organisasi dan para pekerja untuk bereaksi cepat terhadap realitas perubahan baru. Sistem yang pasif-statik tidak dapat menghasilkan sumber daya yamg dapat melampaui apa yang diperlukan untuk menghasilkan produk dan/atau jasa untuk memberikan pelayanan terhadap para pelanggan. Dengan kata lain, organisasi mereka tidak memiliki cukup cadangan untuk memenuhi permintaan jika terjadi suatu hal yang tak terduga. Keinginan untuk menanggapi suatu perubahan mengandung arti juga siap mengorbankan sebagian sumber daya untuk melakukan suatu adaptasi, yang berarti juga dapat menggerus sumberdaya yang tadinya dialokasikan untuk kegiatan operasi. Oleh karena itu terdapat ancaman penurunan siklus, yang tadinya berada pada konstanta 1+1 =2 merosot menjadi 1 + 1 2. Dalam hubungan yang sinergik, interaksi yang kooperatif dapat menghasilkan dampak total yang lebih besar ketimbang jika masing-masing pihak menghasilkan output secara terpisah. Dalam rumusan yang sederhana, operasi tim kerja yang sinergik akan menghasilkan “kerja sama tim yang efektif.” Sebagai contoh, adalah kerjasama tim sepak bola profesional yang menghasilkan produktivitas gol dari tim kerja yang sinergik dengan menggabungkan semua keterampilan pemain ke dalam sebuah unit operasi yang dapat melampaui kemampuan individual masing-masing pemain. Mungkin suatu tim tidak memiliki pemain bintang atau superstar yang banyak, namun mereka dapat beroperasi secara sinergik, dan dapat mengalahkan tim bertabur bintang namun non-sinergik, sebagaimana sering kita saksikan dalam pertarungan piala dunia sepakbola yang acap penuh dengan kejutan. Seorang pemain Individu mungkin pandai memainkan bola dengan cantik, namun sebuah tim memiliki kemungkinan besar untuk mengalahkan lawan yang kuat. Tentu saja, hubungan serupa dapat berlaku pula dalam pengaturan kerja organisasi. Sejumlah unit kerja yang sinergik dapat menggabungkan upaya mereka sehingga output mereka dapat diproduksi secara lebih efektif dan efisien yang berbeda ketika mereka bekerja masing-masing secara independen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close