People Innovation Excellence

Urgensi Kepemimpinan Organisasional Abad 21 [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, pengembangan kepemimpinan membutuhkan lebih dari sekedar portofolio program pelatihan. Para eksekutif senior perlu terus menciptakan budaya yang memperluas kesempatan bagi para pemimpin muda untuk mengembangkan cara-cara baru. Hal ini berarti perlu menempatkan para pemimpin potensial dalam posisi di luar keahlian mereka saat ini, sekaligus terus melatih dan mendukung mereka agar tumbuh kemampuan mereka secepat mungkin. Proses serupa ini cukup relevan diprogramkan di semua tingkatan organisasi dan di semua tingkatan generasi para pekerja. Oleh karena itu para pemimpin dengan sejumlah potensi tinggi perlu teridentifikasi lebih awal dan ditempatkan pada “track” dan jadwal percepatan pengembangan. Sedangkan pemimpin tingkatan menengah perlu mencari peran menantang yang memungkinkan mereka dapat melakukan suatu terobosan dan lompatan, dengan memperdalam dan memperluas keterampilan kepemimpinan mereka sebagai persiapan diri untuk peran yang lebih senior dan menghadapi suatu tantangan bisnis baru.
Mungkin kita dapat memetik pelajaran dari organisasi bisnis ANZ, yaitu sebuah bank dan penyedia jasa keuangan terkemuka di benua Australia, yang berhasil mengubah dirinya menjadi “bank super regional,” yang berfokus pada pencapaian pertumbuhan agresif di luar pasar dalam negeri. Untuk mencapai tujuannya, maka ANZ harus memastikan bahwa para pemimpinnya memiliki seperangkat khas kemampuan kepemimpinan yang diperlukan untuk suatu fase transisi. Fondasi yang dibangun pada tahap awal untuk program ini adalah mengembangkan model kepemimpinan khas ANZ yang didukung komitmen penuh oleh para eksekutif senior mereka. Kompetensi untuk sukses yang ada diselaraskan dengan strategi dan kepemimpinan model super regional mereka, dan sekaligus merancang model “program jalur kepemimpinan”. Berbarengan dengan hal itu, mereka juga telah menetapkan satu set program pembelajaran yang telah dirancang terlebih dahulu untuk setiap tingkatan kepemimpinan, yang mendukung program pengembangan para pemimpin super regional melalui peningkatan keterampilan kepemimpinan bisnis.
Pada jalur kedua, pendalaman dilakukan melalui penerapan alat pembelajaran online yang dilaksanakan secara luas di seluruh jaringan bank tersebut. Disamping program bankir generalis untuk setiap tingkatan organisasi, maka program khusus juga diberikan terhadap para pemimpin eksekutif senior dan suatu pembelajaran penghantar akan diperkenalkan bagi para manajer junior yang baru pertama kali menempati posisinya. Para pembicara juga akan memberikan serangkaian materi tentang strategi kelangsungan hidup bagi semua staf. Pada jalur ketiga, suatu program telah mengadopsi model pelatihan kepemimpinan untuk para pemimpin, yang befokus pada penciptaan target dan mengidentifikasi para pemimpin berpotensi tinggi untuk disertakan dalam program pelatihan untuk para eksekutif. Sejauh ini, lebih dari 5.400 para pekerja di ANZ telah menyelesaikan jalur program ini dalam program 110.000 jam belajar. Implementasi strategi ini telah berdampak pada peningkatan hasil bisnis bagi bank secara terus-menerus dan telah meningkatkan laju promosi para pemimpin di internal bank. Berkat komitmen yang tinggi dari seluruh pelaku organisasi terhadap strategi pengembangan kepemimpinan bank ini, maka partisipasi seluruh pekerja telah meningkat secara sangat signifikan. Para eksekutif senior secara aktif terus membangun dan menunjukkan perubahan budaya yang diperlukan guna mencapai tujuan strategi tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close