People Innovation Excellence

Urgensi Kepemimpinan Organisasional Abad 21 [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Demikian pula halnya yang terjadi pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yang membutuhkan para pemimpin untuk semua tingkatan yang mampu memahami ancaman keamanan yang kompleks di seluruh dunia, dan mampu membuat keputusan yang sangat cepat untuk mencapai misi sukses dalam lingkungan yang ambigu dan terus berubah. Untuk mencapai tujuan ini, Departemen Pertahanan AS telah berinvestasi besar-besaran untuk mengembangkan para pemimpin yang matang di semua tingkatan. Tentu saja, pelatihan kepemimpinan ini telah tertanam dalam setiap tahap karir anggota militer. Penyelesaian pelatihan ini biasanya diperlukan untuk promosi dan kemajuan karir, sehingga kepemimpinan yang efektif dibangun berbasis kinerja dan manfaat pada sistem departemen pertahanan. Calon perwira militer yang berpotensi tinggi akan menjalani empat tahun pelatihan kepemimpinan yang semakin menantang, baik di akademi pelayanan maupun pada program ROTC (Pelatihan Korps Petugas Cadangan), sebelum mereka menerima misi atau tugas pertama. Calon petugas tersebut akan didorong sesering mungkin ke dalam peran kepemimpinan awal, yang memungkinkan mereka untuk terus membangun keterampilan kepemimpinan mereka dari waktu ke waktu. Setelah lulus, para petugas biasanya menerima pelatihan kepemimpinan pada setiap tahap karir mereka. Mereka yang mencapai tingkat komando tertinggi paling tidak biasanya mengikuti tiga sekolah formal, dengan pelatihan kepemimpinan tertentu yang berkisar dari beberapa minggu sampai sembilan bulan. Selama periode tersebut, para petugas hanya berfokus pada peningkatan keterampilan kepemimpinan mereka dan dibebaskan dari tugas sehari-hari agar perhatian dan konsentrasi mereka tidak teralihkan. Pada setiap tahapan karir, mereka didorong untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka melalui pelatihan dan pengalaman keterampilan motorik lapangan. Keterampilan yang penting lainnya, seperti kerja sama tim, komunikasi yang jelas, perencanaan kontinjensial, adaptasi, manajemen waktu, dan skala prioritas merupakan strategi pelatihan yang terus diperkuat dan diselaraskan. Ilustrasi sepintas tersebut merupakan contoh program pelatihan kepemimpinan yang berupaya mewujudkan praktik terbaik untuk mengembangkan para pemimpin di setiap tingkatan organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close