People Innovation Excellence

Urgensi Kepemimpinan Organisasional Abad 21 [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, dibutuhkan keterlibatan eksekutif puncak untuk mengembangkan strategi kepemimpinan dan sekaligus aktif dalam mendorong program pengembangan tersebut. Komitmen para eksekutif juga diperlukan pada tahapan proses. Keterlibatan para eksekutif dibutuhkan pada dua aspek, pertama, visibilitas dan masukan mereka tentang jalur kepemimpinan, kesenjangan, dan program. Kedua, keterlibatan mereka secara langsung dalam membuat jalur karir kepemimpinan dan pengenalan atas kesenjangan sangat penting untuk mengantisipasi tantangan pengembangan dan pelaksanaan strategi kepemimpinan masa depan. Disamping itu, menyegarkan strategi pengembangan kepemimpinan untuk tujuan bisnis, inovasi, kualitas, pasar dan akuisisi yang memerlukan kombinasi kemampuan dan pengalaman kepemimpinan yang berbeda. Adanya tantangan persaingan bisnis, teknologi, lingkungan dan peraturan yang berubah sedemikian cepat, maka sejumlah organisasi bisnis akan ditantang untuk mengembangkan tipologi kepemimpinan baru dengan pengalaman kepemimpinan yang lebih bervariasi dan lebih mendalam. Untuk itu fokus pengembangan kepemimpinan perlu tertuju pada tiga aspek berikut ini, yakni:
1. Mengembangkan pemimpin di semua tingkatan. Organisasi bisnis terutama digerakkan oleh lini supervisor dan manajemen menengah. Oleh karena itu, investasi pada tingkatan ini sangat penting untuk mendorong pengembangan kepemimpinan secara vertikal;
2. Mengembangkan pemimpin kelas dunia secara lokal. Yaitu mengembangkan organisasi berkinerja tinggi dengan mengembangkan potensi para pemimpin lokal dari bawah; dan
3. Mengembangkan pola pikir suksesi. Dibutuhkan bertahun-tahun untuk membangun para pemimpin besar, karenanya jalur tahapan pengembangan tersebut perlu dipersiapkan dengan baik.
Setiap organisasi bisnis membutuhkan program kepemimpinan yang unik. Organisasi yang sukses mampu memastikan bahwa program mereka memiliki kelebihan ide untuk menjawab tantangan masa depan organisasi mereka. Pada pasar di negara negara maju biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan ini berkisar diantara $ 2.000 sampai dengan $ 10.000 per pemimpin untuk setiap tahunnya. Para eksekutif HR adalah mereka yang mengambil tanggung jawab dalam menghabiskan waktu dan biaya tersebut. Mereka akan fokus pada bagaimana mengembangkan pemimpin yang lebih cepat dengan menyederhanakan model kompetensi, menggunakan “learning by doing”, dan melakukan penilaian analisis kepemimpinan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close