People Innovation Excellence

Urgensi Kepemimpinan Organisasional Abad 21 [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagaimana telah disinggung dalam uraian diatas, program pengembangan kepemimpinan akan terus menempati daftar prioritas teratas sebagaimana terungkap dalam survei “human capital trends” pada tahun 2014 ini. Tantangan tersulit adalah bagaimana mengembangkan jalur dan jaringan pengembangan kepemimpinan berskala internasional, luas, dan mendalam yang menjangkau pada setiap tingkatan organisasi. Tentu saja hal ini akan melibatkan investasi, waktu dan sumber daya yang signifikan sekaligus dibutuhkan komitmen yang konsisten dari dewan direksi atau tim eksekutif. Tantangan terbesar bagi para pelaku bisnis di bidang SDM adalah sejauh mana mereka mampu mengeksplorasi pendekatan baru dan mampu melaksanakannya sesuai kebutuhan pengembangan kepemimpinan organisasi pada berbagai organisasi bisnis dengan skala yang berbeda-beda.
Memang tidak dapat dipungkiri, cara kita berpikir dan berbicara tentang organisasi masih didasarkan pada pemikiran organisasi bentuk lama yang sering dipraktekkan pada organisasi industri besar. Suatu pendekatan organiasi konvensional yang acap membicarakan tentang efisiensi, standarisasi dan kontrol kualitas, yang dibangun diatas prinsip-prinsip hirarki, birokrasi dan imbalan ekstrinsik. Masalahnya, pendekatan demikian tidak lagi menjanjikan keberhasilan dalam sebagian besar jenis organisasi dewasa ini, yang mungkin lebih peduli untuk melakukan inovasi, kelincahan dan keterlibatan. Sayangnya, untuk sebagian besar organisasi masih menggunakan konsep-konsep era industri dalam cara pandang meraih keberhasilan bisnis. John Kotter memandang para manajer sebagai orang-orang yang melakukan perencanaan, penganggaran, mengatur dan mengendalikan, sementara para pemimpin (leaders) adalah mereka yang menentukan arah, mengelola perubahan, dan memotivasi para pekerja. Begitu juga Warren Bennis memandang bahwa manajer adalah mereka yang mempromosikan efisiensi, patuh pada aturan, dan menerima status quo, sementara para pemimpin (leaders) adalah mereka yang fokus pada menantang aturan dan mempromosikan efektivitas. Dengan memilah pekerjaan para eksekutif melalui pengertian ini, sejalan dengan pendapat Kotter, Bennis dan para pakar lainnya, agaknya pendapat mereka ini telah bergeser dari esensi manajer dan kepemimpinan sehingga masuk kedalam pusaran polemik yang tak berkesudahan. Pada esensinya, kepemimpinan adalah proses pengaruh sosial yang berkaitan dengan sifat-sifat, gaya, dan perilaku individu yang menyebabkan orang lain bersedia untuk mengikuti mereka. Sementara manajemen adalah tindakan yang membuat semua orang secara bersama-sama mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Dengan demikian, Kita semua harus menjadi seorang pemimpin sekaligus manajer. Para pemimpin atau manajer perlu memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui ide-ide, kata-kata, dan tindakan. Karena mereka telah dituntut bekerja sehari-hari melalui orang lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close