People Innovation Excellence

Kunjungan Industri PT. Yakult Indonesia Persada

Management Laboratory kembali melakukan kunjungan industri yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Kali ini, Management Laboratory melakukan kunjungan industri ke PT. Yakult Indonesia Persada yang berada di desa Pasawahan Cicurung, Sukabumi pada hari Jumat, 5 September 2014.

PT. Yakult Indonesia Persada merupakan perusahaan yang mempunyai lisensi atas nama Yakult Honsha Co., Ltd., yang berada di Jepang sejak tahun 1990. Pabrik yang memiliki luas tanah sebesar 50.000 m2 ini mulai dioperasikan pada tahun 1997 dengan jumlah kapasitas produksi sebanyak 3.300.000 botol per harinya. Yakult original pertama kali ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota pada tahun 1930 di Kyoto Imperial University. Ia menemukan sebuah bakteri baik yang berguna bagi usus tubuh dan dinamakan sebagai L. casei Shirota strain. Bakteri L. casei Shirota strain mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti, menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus, menjaga kondisi tubuh, dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh.
e
Banyak hal yang kami dapatkan dari kunjungan industri ini. Salah satunya kami dapat melihat proses produksi PT. Yakult Indonesia Persada secara langsung mulai dari proses fermentasi hingga pembuatan botol dan kemasannya dan akhirnya produk siap untuk dipasarkan. Selain itu, kami memperoleh informasi mengenai manajemen yang dilakukan perusahaan mulai dari sumber daya manusia sampai bahan yang akan digunakan untuk membuat produk Yakult. Perusahaan tersebut menerapkan peraturan yang ketat bagi para karyawan yang bekerja pada pabrik Yakult, terutama mengenai kebersihan kuku dan pakaian. Setiap harinya, supervisor dari PT. Yakult Indonesia Persada akan melakukan pengecekan kepada setiap karyawan yang akan memasuki lingkungan pabrik, apakah sudah memenuhi persyaratan dalam peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, PT. Yakult Indonesia Persada juga sangat menjaga kebersihan dan kesegaran produk Yakult yang telah dihasilkan dengan melakukan quality control, menyimpan bakteri pada ruangan higienis dan steril pada suhu 0-10oC, pengawasan mutu dan pengujian mikrobiologi secara fisika dan kimia.f

Selain manajemen bahan baku dan sumber daya manusia, dijelaskan pula bahwa Yakult juga memiliki sistem distribusi produk yang bagus. Yakult melakukan distribusi langsung ke toko-toko yang telah melakukan pemesanan kepada pabrik Yakult, tanpa meminta bantuan orang kedua untuk melakukan distribusi kepada toko tersebut. PT. Yakult Indonesia hanya akan mengizinkan toko yang memenuhi persyaratan dari PT. Yakult Indonesia Persada untuk menjual produknya ke masyarakat. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya adalah tersedianya tempat penyimpanan memiliki suhu yang tepat supaya dapat menjaga kualitas produk Yakult tetap segar dan baik saat sampai di tangan konsumen. PT. Yakult Indonesia Persada juga menggunakan bantuan Yakult Lady yang terdiri dari mayoritas ibu rumah tangga untuk mengirim Yakult secara langsung ke tangan para konsumen yang sulit dijangkau oleh PT. Yakult Indonesia. Selain mengirimkan Yakult, Yakult Lady juga bertugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dengan salah satunya mengkonsumsi Yakult setiap hari.
Pada akhirnya, dari kunjungan industri ini kami mendapatkan banyak wawasan dan ilmu yang baru tentang PT. Yakult Indonesia Persada khususnya dalam pengelolaan sumber daya dan proses produksi dan diharapkan dari informasi yang kami peroleh dapat membantu untuk lebih memahami penerapan mata kuliah yang berkorelasi dengan manajemen khususnya manajemen sumber daya dan manajemen produksi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close