People Innovation Excellence

Implementasi Strategi Samudra Biru [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan menilik masing-masing skenario tersebut diatas, sangat mungkin hasil akhirnya akan sama. Jika pukat telah memasuki blue ocean maka untuk apa membuat trawl baru lainnya, toh medan persaingan telah kita tinggalkan, yakni dengan menciptakan pasar baru sendiri untuk berkembang disamudra biru. Jika kita dapat melakukan skenario ini dengan benar, maka mengembangkan pasar sendiri akan jauh lebih menguntungkan ketimbang menjegal orang lain untuk sampai ke puncak. Perlu disadari, bersaing memperebutkan ruang pasar yang ada, dengan pelanggan yang sudah ada, hanya akan membuat air semakin memerah, suatu akibat yang mengerikan dari eskalasi peperangan red ocean yang penuh sesak oleh nelayan, namun tangkapan masing-masing semakin hari akan semakin berkurang. Dengan menciptakan blue ocean, tidak hanya lebih banyak peluang tangkapan ikan, namun kitalah satu-satunya pukat di wilyah yang kita ciptakan, dimana kita sendirilah yang merekonstruksi batasan-batasan pasar.

Suatu contoh yang lebih nyata lagi tentang aplikasi blue ocean strategy adalah terobosan iTunes sebagai produk dari Apple. Pada tahun 2003 Apple beralih ke ruang musik digital sebagai penyedia dan distributor konten, dan mengakhiri inovasi sebelumnya dibidang CD. Apple menciptakan iTunes sebagai pelayanan online dimana setiap orang dapat men-downloadmusik atau lagu berkualitas tinggi secara legal, dengan harga yang sangat wajar. Sebelumnya Apple telah mengamati banjir program file musik ilegal seperti Napster dan LimeWire yang telah menciptakan sebuah jaringan pecinta musik melalui internet secara bebas dan cerdas guna berbagi lagu dan musik namun ilegal. Pada tahun 2003, lebih dari dua miliar file musik ilegal diperdagangkansetiap bulannya, sementara industri rekaman terusberjuang untuk menghentikan kanibalisasi CD fisik. Apple tegas memanfaatkan tren ini melalui lintasan konsep yang jelas, dengan meluncurkan iTunes toko musik online. Sampai saat ini, tidak ada pelaku bisnis yang mampu membangun sistem yang bersifat user-friendly secara online bagi konten musik dan distribusi. Strategi blue ocean Apple sangat unik dengan mengintegrasikan iTunes kedalam produk Apple lainnya, yakni iPod. Dengan demikian para peminat musik dan lagu akan mengunduh lagu atau musik dari iTunes bagi iPod mereka. Apple telah menyediakan konten, sarana akuisisi dan distribusi, sekaligus perangkatnya, inilah yang dinamakan sebagai a great blue ocean!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close