People Innovation Excellence

Implementasi Strategi Samudra Biru [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keberhasilan lainnya dari Apple adalah bahwa terobosan yang telah dilakukannya lebihdipicu oleh suatu organisasi bisnis berbasis disain ketimbang berbasis teknologi, yang telah menempatkan selera pelanggan pada pusat inovasi produknya. Sebelum meluncurkan produknya, Apple telah menciptakan kebutuhan dan keinginan akan produk serta sekaligus mengeksploitasi pangsa pasar baru yang dibuat dengan cepat, sehingga sangat sulit bagi para pesaing untuk mengekor dan mengambil sekerat kue sekalipun. Dalam hal ini, iTunes menawarkan kesemuanya secara legal dan mudah digunakan serta fleksibel sebagai à la carte dalam mengunduh lagu. Disamping itu iTunes telah memberi ruang bagi para pelanggan untuk bebas menelusuri dan mendengarkan sampel selama tiga puluh detik, dan boleh mengunduh lagu dari artis yang disukai secara individual atau seluruh album. Dengan memperkenankan para pelanggan untuk membeli lagu per artis secara eceran, sehingga harga akan jauh terjangkau dan masuk akal.iTunes telah memecahkan persoalan kebimbangan utama dari para pelanggan, yakni memilih satu atau dua lagu dan musik yang disukai tanpa harus membeli seluruh lagu dalam CD. iTunes sebagai produk Apple telah membuka sebuah blue ocean dalam musik digital. Dilakukan secara pribadi, mudah diakses, dan terjangkau, berupa terobosan dalam inovasi nilai. iTunes seolah telah menciptakan ekosistem jasa perangkat lunak dan saluran konten dengan harga yang tiada duanya. Sebagai salah satu perintis blue ocean, Apple tidak menggunakan kompetisi sebagai patokan mereka. Ketimbang fokus untuk memenangkan kompetisi, maka mereka membuat kompetisi tersebut menjadi tidak relevan dan menciptakan proposisi lompatan nilai bagi para pelanggan dengan sejumlah dimensi keunggulan sebagaimana diungkap diatas, sehingga membuka ruang pasar baru yang tidak terbantahkan. Apple juga telah melakukan terobosan dengan iPad, tidak melanjutkan segmentasi pasar industri PCatau smartphone. Pada saat ini iPad kembali merekonstruksi dan mendefinisikan pasar, yang tidak begitu banyak pesaing didalamnya, bahkan berlayar sendiri dalam bahtera murni blue ocean.

IPad dan iPad 2 telah membuktikan bahwa Apple sedang berusaha untuk menggantikan cara kita menggunakan perangkat komputasi, dan memperluas penggunaan tablet dalam skala pasar yang lebih besar dan khalayak yang lebih luas. Mereka telah menjual 204 juta unit hingga tahun 2013. Ketimbang bersaing secara langsung dengan para pemimpin laptop atau PC tablet di pasar, maka iPad berhasil mendefinisikan pasar baru dan bahkan menembus batas-batas ruang untuk menunjukkan aplikasi dan kegunaannya. Sama seperti windows membuat operation system (OS) dalam mainstream PC-nya, maka Apple tidak mengikutinya, malah mencoba menjauh dari langkah windows tersebut. Apple ingin orang lebih banyak beralih menggunakan iTunes, lebih banyak orang untuk membeli aplikasi dari App Store, lebih banyak orang menggunakan iPads untuk membaca buku, serta lebih banyak orang untuk menggunakan iPod dalam mendengarkan musik dan iPhone untuk membuat panggilan. Dengan memindahkan penakaran konsumen ke pasar blue oceanyang telah didefinisikan sendiri oleh Apple, maka mereka tidak perlu bertarung dengan kepemimpinan Microsoft.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close