People Innovation Excellence

Implementasi Strategi Samudra Biru [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian Apple telah fokus pada pasar dan pengguna. Mereka telah mengamati dengan baik bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau pelayanan mereka. Mereka terus mencari tahu apa yang belum terpenuhi dan bagaimana hal-hal yang sudah ada dapat ditingkatkan. Sudah pasti akan banyak cara untuk memperbaiki sesuatu, karena tidak ada hal yang sempurna. Dyson telah membuat vakum pembersih teknologi-gadget dengan desain futuristik dan membuang filter tipis untuk sekali pakai. Jangan melawan pasar atau memindahkan batasan-batasan pasar. Lebih baik buat fondasi yang diperlukan untuk menentukan batas-batas pasar baru. Apple melakukan hal ini dengan menciptakan iTunes dan Apps Store, sehingga para pelanggan dapat membeli lagu atau musik dengan harga terjangkau dan mudah diakses dari semua iDevices. Untuk ini apple telah menciptakan sebuah ekosistem baru di mana para pelanggan baru dapat berkembang dan dipertahankan.

Apple telah berhasil menunjukkan kekuatannya dan menyembunyikan kelemahannya. Lebih baik membuat perbedaan ketimbang memamerkan spesifikasi teknis. Pada iPad 2, orang tidak penting diberitahu berapa banyak RAM yang disediakan, namun yang lebih penting untuk disampaikan kepada para pelanggan adalah bahwa produk ini lebih ringan dan lebih tipis, suatu hal yang lebih penting untuk portabilitas dalam tablet. Tentu saja blue ocean pun tidak berarti bebas sama sekali dari pencemaran, dan tetesan darah hasil dari pertempuran antara perusahaan laptop, Android dan pembuat tablet berbasis Windows dapat mengubah kejernihan air. Namun demikian, iPad telah berhasil menavigasi keluar dari jebakan pertempuran tersebut. iPad perlahan tetapi pasti menggantikan mode tradisional komputasi dan bergerak menuju ruang yang lebih jelas dengan blue ocean ala Apple. Samudra kompetitif semakin ramai untuk iPhone. Namun Apple tetap memiliki keunggulan. Sebanyak 250 juta orang sekarang menggunakan Apple iCloud, yang menyebabkan para pelanggan akan berfikir dua sampai tiga kali sebelum membeli smartphone, tablet, atau komputer dari produk atau merek lain .

Apple telah membuat iPod dengan layar lebar sentuh sensitif untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan para pelanggan yang bosan menekan tombol dengan cepat, sementara IPhone adalah ponsel layar sentuh pertama. Strategi Apple benar-benar bercerita tentang implementasi samudra biru, dimana pasar yang tadinya tidak ada menjadi ada dan didefinisikan oleh mereka. Apple telah berulang kali menghadiahi pelanggan sesuatu yang dirasa baru sama sekali, dan telah memecahkan masalah mereka dengan cara yang tidak ada pada produk yang lain, sehinga mereka rela mengantri berjam-jam untuk memperoleh setiap produk baru yang diluncurkan oleh Apple. Tentu saja ada sebagian orang yang skeptis, bahwa posisi pasar Apple saat ini sedang dalam ancaman bahkan para pengamat mengatakan telah kehilangan momentum kreatif-inovatifnya. Namun kita tidak boleh gegabah, untuk menyatakan secara tergesa-gesa bahwa Apple telah kehilangan arah, namun kita boleh bertaruh bahwa keberhasilan Apple di masa depan akan dibangun dengan melanjutkan pemikiran strategik blue ocean nya. Lebih baik kita membacanya dengan menggunakan kacamata strategi ketimbang terlibat dengan rumor yang simpang-siur.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close