People Innovation Excellence

Implementasi Strategi Samudra Biru [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Strategi samudra biru (blue ocean) umumnya mengacu pada penciptaan ruang pasar baru dimana persaingan menjadi tidak relevan dengan menciptakan nilai baru untuk konsumen dan sekaligus untuk mengurangi biaya. Strategi blue ocean dapat membantu kita dalam membuat suatu perencanaan strategik. Hal tersebut dapat memungkinkan kita untuk berkonsentrasi pada penciptaan pasar baru melalui penawaran baru, sehingga membuat kompetisi menjadi tidak relevan lagi dengan tujuan agar organisasi bisnis dapat tumbuh. Samudra Biru dapat dianggap sebagai pasar yang belum ada. Oven microwave misalnya, pernah menjadi samudra biru pada tahun 1970-an. Sebaliknya, red oceans dapat dianggap sebagai semua pasar yang ada pada saat ini untuk diperebutkan. Dengan kata lain, red oceans adalah pasar yang sudah dihuni sejumlah pesaing. Suatu strategi red ocean adalah strategi yang bertujuan untuk melawan dan mengalahkan lawan dalam suatu kompetisi. Oleh karena itu, strategi red ocean lebih memiliki karakteristik umum sebagai berikut, yakni :

  • Red ocean lebih fokus untuk bersaing pada pasar yang sudah ada (existing market);
  • Red ocean lebih fokus untuk memenangkan kompetisi; dan
  • Red ocean lebih fokus pada nilai pertukaran (trade-off) biaya.

Pertukaran biaya adalah pandangan bahwa suatu organisasi bisnis dihadapkan pada pilihan antara menciptakan nilai lebih bagi para pelanggan dengan menggunakan biaya yang lebih tinggi, atau menciptakan nilai wajar bagi para pelanggan dengan biaya yang lebih rendah. Sebaliknya, bagi mereka yang menggunakan strategi samudra biru bertujuan untuk mencapai suatu diferensiasi, dan sekaligus pada saat yang sama menggunakan biaya yang rendah. Strategi red ocean pada akhirnya akan mengarahkan suatu organisasi bisnis untuk memilih salah satu dari dua strategi, yaitu diferensiasi atau biaya rendah. Opsi apapun yang dipilih oleh organisasi bisnis akan menuntut penyelarasan semua kegiatan organisasi dengan salah satu arah strategik yang dipilih. Artinya, organisasi perlu mengevaluasi kembali faktor-faktor apa yang bisa ditambah atau diperkuat dan faktor-faktor apa yang harus dihilangkan, yaitusuatu faktor dapat dikurangi hingga di bawah standar industri, sementara faktor baru lain bisa dibuat, dan dinaikkan di atas standar industri.

 

Strategi samudra biru berfokus pada bagaimana menghubungkan inovasi dengan nilai komersial. Sedangkan strategi tradisional, atau strategi samudra merah, lebih memanfaatkan aspek permintaan, yang berbeda dengan strategi samudra biru yang lebih menciptakan dan menangkap permintaan atau pasar baru. Sebagai pemimpin yang bijak, kita perlu berinvestasi lebih banyak di samudra biru. Meskipun semua orang tahu, bahwa inovasi adalah penting, namun kita belum belajar bagaimana untuk mengendalikan risiko yang akan dihadapi dan bagaimana melakukannya dengan cara yang sistematik. Kita tahu pada tahun 1960-an aspek kualitas belum dapat terukur. Tetapi di akhir tahun 70-an dan 80-an, Jepang muncul dengan memperkenalkan konsep manajemen mutu terpadu (TQC) dan just-in-time untuk sektor manufaktur. Setelah itu konsep six sigma lahir, disusul oleh kemunculan samudra biru yang berbicara tidak hanya melulu pada aspek inovasi teknologi. Meskipun iPod sukses menggunakan teknologi canggih, namun kebanyakan orang membelinya karena sangat stylish dan sederhana.Adabanyak contoh strategi samudra biru pada industri lainnya. Pada akhir tahun 1990-an, industri jasa keuangan ritel sangat kompetitif. Bank-bank tradisional telah menawarkan pelayanan personal yang terus diperbaiki dan dilengkapi dengan pelayanan online. Banyak produk dipasar telah menciptakan lebih banyak kebingungan dari sejumlah pilihan produk yang ditawarkan kepada para pelanggan. Bank-bank tradisional telah lama beroperasi di samudra merah dengan persaingan berdarah. Hampir semua bank berusaha untuk menawarkan pelayanan yang lebih dan bahkan lebih personal lagi untuk menarik dan mempertahankan nasabah prioritas, dengan puluhanjasa keuangan dan ratusan varian dalam setiap kategori. Asumsi yang mendasari hal tersebut adalah memblokir pesaing merupakan kunci kesuksesan, dengan target menangkap pangsa pasar 100 persen dari total kebutuhan finansial para nasabah, maka hasilnya adalah struktur biaya tinggi. ING Direct dengan blueocean-nya, menghilangkan ambisi untuk menangkap 100 persen kebutuhan nasabah perbankan. ING Direct secara drastis mengurangi jumlah jasa berikut pelayanan serta fokus pada tabungan dan rekening hipotek saja. Dengan penyederhanaan kompleksitas bisnis dan menurunkan struktur biaya sendiri, ING Direct mampu menawarkan nilai tabungan hingga empat kali lebih tinggi dari rata-rata industri jasa keuangan lainnya. Hal ini juga membuat situs ING Direct menjadi sederhana dan mudah digunakan dan orang menjadi lebih mudah membuat keputusan tentang kebutuhan keuangan. Pada saat yang sama, ING Direct dapat menikmati salah satu struktur biaya terendah pada bisnis perbankannya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close