People Innovation Excellence

Manajemen Keanekaragaman [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Menurut Rohini Anand, “mengelola keanekaragaman bukan hanya tentang bagaimana mengakses pasar multikultural. Organisasi bisnis perlu melihat secara lebih luas untuk menemukan kembali cara kita berpikir tentang bagaimana bisnis dilakukan. Konsep keanekaragaman perlu dipisah dari mentalitas komoditisasi, dan kepemimpinan dalam keanekaragaman perlu mendorong perspektif yang inovatif. Organisasi bisnis perlu menemukan cara untuk membuka potensi dalam pasar dan proses yang harus diaktifkan secara global. “

Dengan demikian, keanekaragaman jauh lebih dari sekedar masalah multikultural. Keanekaragaman adalah tentang merangkul berbagai jenis orang yang mewakili budaya, generasi, ide, dan pemikiran yang berbeda. Dikatakan oleh Ron Glover, “Inovasi adalah tentang melihat masalah yang kompleks dan membawa pandangan baru tersebut diatas meja kerja. Konsep keanekaragaman telah memungkinkan IBM menjadi organisasi bisnis yang inovatif dan sukses selama 100 tahun dan bekerja dengan lintas perbedaan dari 172 negara dan 427.000 tenaga kerja”. Kita juga bisa melihat tren ini dalam pertumbuhan jaringan Internet, yaitu bagaimana komunitas online terus tumbuh yang mewakili suara dan sudut pandang yang berbeda. Tumbuhnya keanaekaragam di dunia maya ini, telah mendorong inovasi yang terus berkembang di dunia online. Kita semua membutuhkan inovasi untuk mengubah diri kita agar tetap relevan di pasar global. Sebagaimana ditambahkan oleh Kathy Hannan, “konsep keanekaragaman perlu dimiliki oleh berbagai organisasi sebagai strategik bisnis yang penting. KPMG memiliki basis klien multinasional. Kita perlu memahami protokol mereka, dan cara mereka melakukan bisnis. Keanekaragaman telah bergerak dari suatu nilai tertentu menjadi suatu hal yang operasional. Keanekaragaman harus mendorong pembentukan model bisnis baru. Para pemimpin perlu berpikir tentang lanskap yang berubah. Ekonomi tengah berubah, demikian pula halnya bisnis yang sedang dilakukan juga tengah berubah, maka pertanyaannya adalah bagaimana keanekaragaman dimanfaatkan sebagai faktor strategik dalam perubahan lanskap saat ini”. Menurut Dan Glover, “keanekaragaman telah menjadi keyakinan inti dari IBM tentang bagaimana meraih keberhasilan dalam bisnis. Agar IBM berhasil meluaskan sayapnya secara global, dibutuhkan tenaga kerja yang memahami pasar lokal. Klien kami beranekaragam sebagaimana halnya tenaga kerja kami. Dan sekarang terdapat 5 (lima) generasi yang tersebar di IBM, sehingga kita perlu fokus pada pembangunan komunitas dalam IBM dan merangkul perbedaan yang ada untuk mendorong inovasi global”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close