People Innovation Excellence
 

Manajemen Keanekaragaman [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keanekaragaman jelas membutuhkan penyegaran kembali sehingga betul-betul memiliki dampak nyata dan pengaruh pada keberhasilan organisasi. Bahkan, para eksekutif senantiasa mencari tahu seberapa besar para pekerja peduli pada bisnis mereka, baik tentang produk maupun pelayanannya. Salah seorang eksekutif dari mereka mengatakan, “bisnis kami menuntut keanekaragaman dan kita akan mendapat kesulitan jika tidak memperbaikinya”. Oleh karena itu para eksekutif telah mulai mengembangkan model bisnis baru yang sepenuhnya terintegrasi dengan keanekaragaman sebagai penentu pertumbuhan bisnis. Sebagaimana ditambahkan oleh Kathy Hannan, “tidak ada bakat homogen yang mampu melakukan terobosan inovatif. Karenanya keanekaragaman menjadi penting dan membawa implikasi yang lebih luas ke seluruh rantai pasokan secara keseluruhan. Keanekaragaman adalah tentang bagaimana kita melakukan bisnis di seluruh tingkatan”.

Harus diakui bahwa dewasa ini kita kurang melibatkan faktor kecerdasan budaya kedalam bisnis, bahkan sebaliknya kita telah merusak budaya oleh bisnis dan perekonomian kita. Namun tiba-tiba masyarakat tersadarkan dan telah mendorong para pemimpin mereka untuk merangkul keanekaragaman sebagai faktor strategik dan kecerdasan budaya yang dapat membantu organisasi bisnis tumbuh. Ternyata sambutan dari dunia bisnispun tulus, banyak dari kalangan dunia bisnis mempersiapkan organisasi mereka masuk kedalam tahap awal pengintegrasian persyaratan fungsional dan kepemimpinan dasar keanekaragaman.

Sebagaimana tadi dikatakan oleh Kathy Hannan, “KPMG telah mengambil keanekaragaman dan terintegrasi dengan tanggung jawab korporasi. Kami sengaja menanggalkan kata “sosial”, agar memandang diri kita sendiri sebagai sebuah organisasi tingkat tertinggi yang berintegritas. Hari ini, KPMG memandang strategi berkelanjutan di empat bidang, yakni: etika, kewarganegaraan, lingkungan hidup dan Keanekaragaman bagi keberlanjutan tumbuh-kembangnya talenta.Sungguh serius, hal ini adalah tentang investasi jangka panjang, dan kita harus memulainya dengan pertanyaan siapakah kita, sehingga upaya kita memiliki dampak jangka panjang yang berkelanjutan”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close