People Innovation Excellence

Manajemen Keanekaragaman [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Agar lebih memahami masa depan manajemen keanekaragaman dan perannya dalam pertumbuhan bisnis, maka kita perlu merenungkan kembali diawal perkembangan Teknologi Informasi (IT) yang dipandang hanya sebagai cost center belaka. Mungkin sekitar 25 tahun yang lalu IT belum dipandang sebagai hal yang terkait langsung dengan pertumbuhan bisnis, dan baru dipandang sebagai biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan bisnis. Sama halnya seperti konsep keanekaragaman pada hari ini. Pada kenyataannya, saat ini IT dianggap sebagai profit center oleh sekolompok orang dan menempati prioritas tertinggi organisasi sebagai penentu pertumbuhan bisnis. Bahkan, banyak CIO (Chief Information Officer) menempati posisi yang setara dengan peran CEO. Begitu pula dengan CDO (Chief Diversity Officer) akan mengalami banyak pergeseran peran dan tanggung jawab fungsional yang sama dengan CIO. Mereka tidak hanya akan diminta untuk memikul tanggung jawab sebagai praktisi semata, akan tetapi mereka juga harus belajar untuk memainkan peran strategik yang lebih integral kedalam disain model bisnis baru. Glover mencatat, “Keanekaragaman merupakan faktor keberhasilan kepemimpinan tahap kritikal di IBM. Secara global keanekaragaman pemimpin telah memaksimalkan efektivitas tim kerja kami. IBM telah mengakui pentingnya membangun tim kerja beraneka ragam di seluruh cabang berbagai negara. Dan hal ini bukan hanya tentang kepemimpinan semata, akan tetapi juga tentang kemampuan.Keanekaragaman pada dasarnya fokus pada kekayaan perbedaan bakat. Perbedaan tersebut telah menciptakan peluang nyata bagi mereka yang bersedia belajar, dan telah menjadi bencana bagi mereka yang tidak mau belajar”.

Manajemen keanekaragaman akan berkembang dengan cepat, yang dimulai dari pemanfaatan sumber daya manusia secara tradisional dan oleh adanya peran akuisisi bakat, dan kemudian bersentuhan dengan strategi organisasi, tanggung jawab organisasi, disain dan efektifitas serta pemasaran organisasi. Oleh karena itu, persyaratan untuk menjadi CDO yang efektif akan mencakup kemampuan operasional yang lebih holistik tentang manajemen. Dengan kata lain, keanekaragaman dapat menjadi pola pikir yang tertanam sebagai benang merah yang menyentuh semua area fungsional (internal) dan rantai pasokan (eksternal) dari organisasi. Menurut Hannan, “niat baik bukanlah pengganti untuk akuntabilitas, dan setiap orang perlu bertanggungjawab untuk memajukan keanekaragaman”.

Dengan demikian, mengelola keanekaragaman di tempat kerja harus menjadi perhatian bagi setiap manajer dan para pekerja. Keanekaragaman di tempat kerja berarti menyatukan orang dari latar belakang etnik, agama dan kelompok usia yang berbeda kedalam suatu unit kohesif dan produktif. Kemajuan dibidang teknologi komunikasi seperti internet, intranet dan telepon selular, telah membuat konsep pasar yang lebih global. Untuk bertahan hidup, suatu organisasi bisnis harus mampu mengelola dan memanfaatkan keanekaragaman kerja secara efektif, sehingga mengelola keanekaragaman di tempat kerja harus menjadi bagian dari budaya seluruh organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close