People Innovation Excellence

Manajemen Keanekaragaman [Bagian 8/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keanekaragaman pemikiran perlu didorong untuk terus tumbuh, karena teknologi neurologis baru telah membuktikan bagaimana suatu terobosan pemikiran telah menembus dan memukul pasar. Keanekaragaman pemikiran adalah tentang bagaimana suatu tim kerja berpikir, dan hal itu adalah gambaran tentang siapa mereka. Jika para pekerja tidak merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri, maka cara berpikir mereka tidak akan maju ke depan. Sangat penting bagi para manajer untuk tidak memendam percakapan dan memberikan saran, dan bahkan menerima ide-ide untuk diri mereka sendiri. Marcus Buckingham percaya ada banyak manajer yang melakukan hal yang benar pada awalnya, namun menempuh jalan yang salah pada akhirnya. Organisasi bisnis yang mengajarkan para manajer untuk berjalan berbaris satu sama lainnya sudah ketinggalan jaman, dan cara demikian dapat merusak keberhasilan organisasi.

Secara umum para manajer terbaik adalah mereka yang bersikap transparan dan otentik. Mereka tidak mengklaim untuk menjadi sempurna, karena mereka tahu semua tambahan pengetahuan dapat diperoleh melalui online dan memenuhi apa yang mereka inginkan. Kesalahan yang sering terjadi adalah para pemimpin acap membiarkan para pekerja terganggu oleh isu-isu yang tidak bisa mereka kendalikan sehingga kehilangan fokus pada hal-hal yang paling penting, terutama adalah kepentingan sisi pelanggan. Buckingham telah melakukan penelitian global yang luas untuk menunjukkan bahwa organisasi bisa mendapatkan hal terbaik dari para pekerja yang fokus pada kekuatan mereka, dan memperbaiki kekurangan yang masih dirasakan serta memaksa mereka untuk tidak melakukan tugas atau pekerjaan yang tidak bergantung pada kemampuan terbaik mereka. Buckingham mengatakan, “ambil sesuatu yang unik dari para pekerja dan hormati itu sebagai sesuatu yang berguna,” katanya. Sesungguhnya mereka tidak sabar untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui, sehingga biarkan mereka menggunakan kekuatan dan menunjukkannya pada kita bagaimana mereka berbeda. Mereka tidak akan meremehkan orang lain, tetapi mengambil pendekatan yang lebih pragmatik tentang bagaimana mereka bisa menggunakan potensi terbaik mereka untuk bekerjasama.

Sebagian besar para pekerja memiliki smartphone atau tablet untuk mengakses informasi sepanjang waktu, dan kita dapat memompa konten mereka agar diwujudkan pada dunia nyata secara real time. Dalam kaitan ini, teknologi dapat memberikan informasi dan jawaban terhadap mereka tentang persoalan pekerjaan ketika mereka membutuhkannya. Teknologilah yang mempersatukan keanekaragam menjadi terhubung dan terpadu, melintasi batas ruang dan waktu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close