People Innovation Excellence

Manajemen Pelayanan Sektor Publik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Di dalam situasi adanya kelangkaan sumberdaya yang disertai de-ngan semakin meningkatnya harapan publik, pembahasan mengenai Mana-jemen Sektor Publik pada umumnya cenderung banyak difokuskan pada isu-isu dan/atau upaya-upaya yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari suatu kegiatan tertentu. Seperti kita ketahui, konsep mengenai efekti-vitas dan efisiensi ini pada hakikatnya merupakan sasaran dan/atau tujuan dari manajemen, baik manajemen di sektor swasta maupun publik.

Konsep mengenai efektivitas seperti di atas tidak lain adalah menyata- kan tentang sampai seberapa jauh sumberdaya atau faktor produksi yang digunakan dapat mencapai hasil yang telah ditetapkan (hasil guna). Dengan demikian, makna efektivitas dapat dilihat sebagai “perbandingan antara hasil yang diharapkan dengan hasil yang dicapai” (Afiff, Paemeleire, dan Uytteschaut,1994; Aime Heene, Sebastian Desmidt, Faisal Afiff, dan Ismeth Abdullah, 2010). Sedangkan efisiensi adalah menyatakan seberapa jauh jumlah pengorbanan yang nyata mendekati jumlah pengorbanan yang seharusnya. Jadi, efisiensi menggambarkan perbandingan antara pengor-banan normatif dan pengorbanan yang nyata. Secara lebih mudah dan sederhana konsep mengenai efektivitas dan efisiensi tersebut dapat difor-mulasikan masing-masing dalam sebuah rumus yang lazim kita kenal.

Ungkapan lain tentang efektvitas dan efisensi yang memiliki makna yang hampir serupa, terungkapkan dalam Business Dictionary.Com, yaitu: “The degree to which objectives are achieved and the extent to which targeted problems are solved. In contrast to efficiency, effectiveness is determined without reference to costs and, whereas efficiency means “doing the thing right,” effectiveness means “doing the right thing.”


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close