People Innovation Excellence

Suatu Perpaduan Manajemen Timur dan Barat [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam doktrin budaya bisnis Cina misalnya, faktor  keluarga memiliki pengaruh yang sangat besar pada manajemen sumber daya manusia,  terutama dalam membuat solusi dan resolusi konflik pada manajemen prouek. Seorang manajer proyek di Cina memiliki makna yang  lebih, ketimbang  seorang manajer dalam pengertian  budaya  Barat, sehingga mereka akan lebih mencoba  menyeimbangkan  dua aspek, yakni: kepemimpinan dan manajemen; suatu peran yang lebih penting dibanding  aturan,  peran individu,  penghargaan dan bonus. Dengan demikian pendekatan manajemen timur lebih berorientasi  pada manusia ketimbang  pendekatan barat. Demikian pula halnya dalam menilai kinerja,  budaya timur  kurang  berorientasi pada penilaian kinerja  individu ala barat yang lebih menekankan pada  kinerja tugas secara individual dan tim kerja.  Perbedaan budaya juga mempengaruhi  komunikasi dalam manajemen proyek. Terutama  karena adanya budaya berbasis  koneksi, sehingga komunikasi menjadi  lebih penting dalam lingkungan manajemen proyek ala timur. Ekspresi  dan gaya komunikasi juga berbeda, komunikasi di timur – dalam kasus ini adalah Cina – lebih menekankan  pada membaca mimik wajah (“mianzi” dalam bahasa Cina), sementara  komunikasi ala barat lebih menekankan  pada aspek keterbukaan dan kejujuran. Gaya komunikasi ala timur  juga lebih berorientasi pada rasa hormat dan kesopanan, sementara ala  barat lebih berorientasi pada ketegasan. Seorang manajer proyek di Cina menggunakan lebih banyak  komunikasi informal yang  seimbang dengan komunikasi formal. Dalam berkomunikasi, budaya timur lebih tertutup dan bersifat pribadi  ketimbang  barat yang lebih  ekstrovert,  impersonal dan tegas. Untuk budaya timur “kelas atas”, pemahaman  akan pesan yang tepat akan membutuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang nada, sikap dan lingkungan atau “konteks” pesan berasal, khususnya dari  hirarki sosial dan pemangku kepentingan mana pesan tersebut bersumber. Perbedaan budaya tersebut juga akan berpengaruh pada berbagai praktik manajemen, termasuk praktik manajemen pengadaan, khususnya perbedaan dalam  ruang lingkup dan proses negosiasi. Budaya yang berbasis hubungan (relasi-koneksi) di timur  benar-benar dapat berlawanan dengan budaya kontrak ala barat. Oleh karena itu peran kontrak yang ditandatangani di lingkungan proyek pada kedua budaya tersebut  akan berbeda dalam dua lingkungan tersebut. Pada lingkungan dunia barat,  sebuah dokumen hukum akan lebih  mengikat, sementara di timur akan lebih terikat oleh hasil ringkasan diskusi atau potret kedekatan hubungan. Hubungan akan  jauh lebih penting ketimbang  dokumen yang ditandatangani. Juga pendekatan tentang  mitra dalam proyek akan berbeda: timur akan lebih berorientasi jangka panjang, saling menguntungkan dan berorientasi pada pemeliharaan harmoni. Para pesaing dapat diatasi  secara bersamaan bahkan dapat dirangkul sebagai mitra untuk bekerja sama, sehingga dalam mengatasi konflikpun akan digunakan pendekatan  konflik win-win solution.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close